2 Hal Penting dalam Merawat Anak Tipus Di Rumah

No comment 659 views

Sebagai seorang ibu tentu Anda tak jarang mendapati si kecil mengalami panas atau demam. Temperature tubuh anak yang meningkat ini dapat menjadi indikator bahwa dalam tubuh si kecil tengah terjadi sesuatu yang tidak normal. Bisa saja ia sedang mengalami gangguan kesehatan ringan seperti flu, namun tak menutup kemungkinan bahwa anak Anda tengah mengalami gangguan yang lebih serius seperti tipus. Terlebih jika demam tersebut disertai dengan rasa lemas dan terkadang diikuti dengan muntah – muntah. Untuk itu bersegera membawa anak ke dokter adalah solusi terbaik supaya penyebab terjadinya demam tersebut dapat segera diketahui secara pasti.

tipus

Apabila memang benar si kecil terserang tipus, biasanya dokter akan segera mengambil langkah penanganan dengan memberikan berbagai obat – obatan. Bahkan tak menutup kemungkinan anak harus menjalani rawat inap dirumah sakit hingga beberapa hari.

Namun jika karena berbagai alasan dan tidak memungkinkan si kecil dirawat dirumah sakit, Anda pun tak perlu terlalu kawatir pasalnya Anda dapat merawat si kecil dirumah. Bagaimana caranya? Berikut panduan merawat anak tipus dirumah.

Pertama aturlah pola istirahat si kecil. Anak yang tengah mengalami tipus memang dianjurkan banyak istirahat. Selain mengatur pola istirahat perhatikan juga ruang kamar tempat si kecil beristirahat. Usahakan memilih ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik serta bersuasana sejuk, jangan lupa juga untuk memperhatikan kebersihan ruangan. Sementara itu untuk posisi tidur, sarankan anak untuk sering mengubah posisi tidurnya. Hal seperti ini tujuannya adalah untuk mencegah terjadinya iritasi atau lecet pada bagian tubuh tertentu.

Kedua perhatikan masalah makanannya. Untuk anak yang sedang tipus usahakan untuk memberikan makanan dalam bentuk yang lunak dan halus, seperti bubur. Selain itu perbanyaklah memberikan asupan cairan pada tubuh anak, minimal 2 liter perhari agar anak tak mengalami dehidrasi akibat panas tubuhnya. Perhatikan pula beberapa jenis makanan yang kurang baik untuk penderita tipus seperti makanan yang terlalu padat, terlalu pedas, dan terlalu asam.

author