Tips Meringankan Rasa Sakit Gigi Pada Anak

No comment 1677 views

Pada umumnya orang tua akan merasa cemas jika mengetahui anaknya  sedang mengalami pertumbuhan Gigi yang biasanya mengakibatkan gigi atau gusi si anak menjadi sakit, mari kita simak mengapa hal ini bisa terajadi.

Pertumbuhan gigi yang sakit luar biasa umumnya terjadi pada balita / bayi yang ber umur berkisar 1 bulan – 24 bulan. Umumnya pada fase pertumbuhan seperti ini anak menjadi sering rewel dan nangis.  Kadang pada situasi tertentu banyak juga pertumbuhan gigi dapat menyebabkan demam di tubuhnya.

Berikut beberapa cara mencegah sakit gigi atau setidaknya meringankan rasa sakit gigi pada anak ketika masa pertumbuhan gigi :

1. Gosok gusi dengan salep anti bakteri tumbuh gigi. Ini bisa diminta saat memeriksakan anak Anda ke dokter gigi atau apotik yang menyediakan obat tersebut.

2. Biarkan bayi mengisap mainan khusus anak yang sedang tumbuh gigi, biasanya berbentuk cincin dan berisi jeli sehingga lunak dan aman untuk digigit. Bisa juga gunakan handuk basah lembut yang dingin.

Gigi anak yang sedang tumbuh cenderung gatal sehingga si buah hati selalu ingin menggigit apa saja.

3. Pijat gusi secara perlahan, terutama di daerah ia merasa gatal.

4. Jangan biarkan anak menggigit-gigit atau menghisap jempolnya karena dapat menyebabkan gigi tumbuh bengkok dan mencegah gusi berkembang dengan benar.

author