3 Alasan Mengapa Jus Buah dan Sayur Baik untuk Anak

Banyak anak umumnya susah jika harus menyantap menu makanan berwujud sayur dan buah. Namun dengan sedikit kreativitas yakni mengubahnya dalam bentuk jus siap minum yang segar menggoda, tentu anak akan tertarik dan bahkan tidak sadar bahwa sebenarnya mereka tengah mengkonsumsi buah dan sayur. Satu porsi jus dapat mengantikan dan memenuhi kebutuhan asupan buah dan sayur anak dalam sehari.

Tahukah Anda jus buah dan sayur sangat baik untuk tubuh anak? Selain memiliki rasa yang lezat menyegarkan ternyata jus buah dan sayur menyimpan berbagai manfaat untuk kesehatan dan pertumbuhan anak balita. Untuk itu penting bagi ibu untuk menghidangkan minimal satu porsi jus segar pada anak setiap harinya.

jus buah

Mengapa jus buah dan sayur penting untuk anak?

Pertama, jus buah dan sayur memiliki kandungan serat tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh anak. Kandungan serat ini akan memabntu menyehatkan dan melancarkan sistem pencernaan anak, sehingga dapat menjauhkan anak dari berbagai gangguan pencernaan seperti sembelit. Selain itu jika dikonsumsi secara teratur serat akan membantu mengontrol kadar kolestrol dan gula dalam darah serta dapat menghindarkan anak dari ancaman obesitas.

Kedua, buah dan sayur kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatannya. Berbagai jenis vitamin dan mineral banyak terkandung dalam beraneka jenis buah dan sayur seperti vitamin A dan C. Vitamin A yang banyak terdapat pada wortel ini mampu menyehatkan indra penglihatan. Sementara itu untuk vitamin C yang banyak terkandung dalam buah jeruk, mampu menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh anak terhadap serangan berbagai jenis virus dan penyakit.

Ketiga, jus buah dan sayur mengandung banyak fitonutrien yang baik untuk tubuh. Misalnya saja , indole, isoflavon, karotenoid, dan klorofil atau zat hijau daun. Zat – zat ini akan sangat bermanfaat untuk mengoptimalkan metabolisme sel – sel dalam tubuh, sehingga anak akan tumbuh sehat.

author