3 Bahaya Kebiasaan Makan Tanpa Cuci Tangan bagi Kesehatan Anak

Mencuci tangan dengan sabun sebelum makan merupakan suatu kegiatan yang harus Anda biasakan sejak dini kepada anak. Walaupun nampaknya sederhana dan spele namun kebaikan dibalik kebiasaan ini sangat luar biasa.

Tangan anak yang digunakan untuk bermain dan berintraksi dengan benda – benda di sekitarnya berpotensi menjadi jalan berbagai penyakit masuk ketubuh anak. Pasalnya benda – benda yang ia pegang bisa saja terkontaminasi oleh berbagai kuman, bakteri, virus, dan telur cacing yang tentunya akan sangat berbahaya bagi kesehatannya.

cuci

Berikut ini beberapa ancaman kesehatan ketika anak makan tanpa cuci tangan

  1. Bakteri

Beberapa jenis bakteri yang mungkin terkontaminasi pada mainan dan benda – benda disekitar anak antara lain Salmonella typhi dan E.Coli. Kedua jenis bakteri ini tentu sudah tidak bagi Anda. Yap Salmonella typhi merupakan bakteri penyebab penyakit typus sedangkan E.Coli merupakan bakteri yang dalam jumlah berlebih dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti diare.

  1. Cacing

Ketika anak senang berintraksi dengan binatang piaraan seperti kucing dan anjing, maka potensi tangan anak terkontaminasi cacing cukup besar. Terlebih jika kesehatan dan kebersihan hewan tersebut kurang terjaga. Beberapa jenis cacing yang mungkin disebarkan lewat hewan piaraan antara lain Toxocara canis dan Toxocara catis yang dapat menyebabkan berbagai gangguan organ dalam seperti hati.

  1. Parasit

Selain cacing, parasit juga mungkin menempel pada tangan anak ketika ia bermain dengan hewan piaraannya. Salah satunya adalah Toxoplasma gondii pada kucing yang menyebabkan toksositosis yang kemudian dapat mengakibatkan pembesaran pada kelenjar getah bening.

author