3 Cara Mendidik Bayi agar Tumbuh Menjadi Anak Pintar

Anda ingin si kecil tumbuh sehat dan pintar? Memiliki bayi yang dengan kemampuan otak atau kecerdasan yang tinggi tentu menjadi dambaan setiap ibu di belahan dunia manapun. Kecerdasan atau otak anak sebenarnya telah mulai dibangun ketika bayi masih dalam kandungan, dalam hal ini tentunya nutrisi dan pola hidup ibu selama mengandung menjadi faktor penentunya.

Namun selain dibentuk dalam kandungan, kecerdasan seseorang juga dapat dikembangkan atau ditingkatkan pada masa bayi. Dalam tahap ini pola asuh dan kasih saying orang tua memegang peranan terpenting sebagai faktor penentu. Nah untuk itu, lakukanlah yang terbaik dalam mengasuh si kecil agar dapat tumbuh menjadi anak yang pintar.

bayi pintar

Berikut 3 cara mengasuh bayi agar tumbuh menjadi anak yang cerdas:

  • Ikut bermain bersama si kecil

Kegiatan bermain selain sebagai cara untuk menghibur bayi agar tidak rewel ternyata juga bermanfaat untuk membantu merangsang pertumbuhan otaknya. Untuk itu cobalah untuk selalu mendampingi dan ikut serta ketika si kecil bermain. Bimbing dan ajari bayi tentang hal – hal sederhana yang bermanfaat untuknya ketika bermain, cara ini dipercaya dapat melatih dan mengembangkan potensi kecerdasan social dan emosionalnya sekaligus mengenali kemampuan dan bakat bayi.

  • Bercerita

Peganglah pedoman bahwa tak ada batasan umur untuk membacakan cerita pada anak, artinya ketika usia anak masih bayi sekalipun bercerita menjadi hal yang sangat diperbolehkan. Selain untuk menghibur bayi bercerita dapat meningkatkan kemampuan bayi untuk menjadi pendengar yang baik, meningkatkan pemahaman, serta dapat membantu meningkatkan ketrampilan bahasa.

  • Bernyanyi dengan musik

Bayi tentu akan senang ketika diajak bernyanyi dengan diiringi music yang menarik. Musik dengan irama klasik atau pelan memang dipercaya dapat merangsang saraf – safar otak sehingga dapat memicu dan mengembangkan kecerdasan si kecil.

Mudah bukan? Ketiga tips di atas tentu sudah sering dilakukan oleh ibu dirumah, namun sebagian besar mungkin belum mengetahui bahwa kegiatan tersebut ternyata sangat bermanfaat untuk perkembangan kecerdasan bayi. Selamat mencoba semoga bayi Anda selalu dalam keadaan sehat dan tumbuh menjadi anak yang cerdas.

author