3 Cara Mudah Buat Si Kecil Rajin Belajar

No comment 767 views

Apakah anak Anda memiliki masalah dengan semangat belajarnya? Banyak ibu memang mengeluhkan masalah seperti ini. Beberapa ada yang sampai harus memaksanya agar si kecil mau belajar, namun ada pula yang meskipun telah dipaksa dan dibujuk dengan cara apapun tetap “ogah – ogahan” belajar.

Sebagian besar anak memang menganggap kegiatan belajar sebagai sesuatu yang tidak menyenangkan dan cenderung membosankan. Terlebih mereka belum betul apa sebenarnya manfaat dan tujuan belajar itu, inilah yang seringkali membuat semangat belajar mereka tidak ada.

Lantas ketika si kecil mengalami hal seperti ini, apa yang sebaiknya dilakukan oleh orang tua? Memaksa anak untuk belajar atau bahkan sampai memarahinya tentu bukanlah sebuah pilihan yang dapat Anda pilih. Pasalnya hal seperti ini justru dapat menyebabkan psikologisnya terganggu dan dapat menyebabkan anak tertekan atau depresi. Oleh sebab itu, salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan motivasi atau dorongan untuk belajar. Selain itu berikan pula kepada mereka pemahaman mengenai pentingnya belajar untuk dirinya.

rajin

Cara memotivasi anak untuk belajar

Memotivasi anak agar mau belajar dapat Anda lakukan dengan banyak hal. Pertamayang wajib Anda lakukan adalah memberikan contoh dan mengajaknya belajar bersama. Hal seperti ini sangat penting untuk dilakukan karena anak akan cenderung meniru kebiasaan apa yang dilakukan oleh orang tuanya. Jangan sampai ketika Anda menyuruh si kecil belajar, Anda justru malah menonton film atau mendengarkan music.

Keduaberikan ucapan – ucapan yang dapat memacunya untuk belajar. Misalnya saja dengan memuji setiap keberhasilan kecil dalam proses belajarnya. Pujian yang Anda berikan akan membuat perasaannya senang dan secara tidak langsung akan memotivasinya untuk lebih baik. dengan demikian ia akan terus belajar.

Ketigaberikan stimulus untuk memancing rasa ingin tahu anak. ciri khas perkembangan anak adalah adanya rasa ingin tahu yang sangat tinggi dalam dirinya. Oleh sebab itu manfaatkanlah hal ini untuk membuat pancingan – pancingan sederhana untuk meningkatkan rasa keingintahuannya tersebut. dengan demikian anak akan termotivasi untuk belajar dan menemukan berbagai hal baru yang membuatnya penasaran.

author