3 Cara Sederhana Terapi Anak Autis di Rumah

No comment 747 views

Penanganan terbaik untuk anak autis justru datang dari lingkungan keluarga dirumah. Pasalnya sebagian besar hidup anak autis dihabiskan di dalam rumah sehingga keluargalah yang mengetahui secara persis bagaimana si anak belajar dan dan bagaimana ia berkembang.

Anak tentu autis membutuhkan perhatian lebih yang bersifat khusus dari keluarga, terutama kedua orang tua. Lantas apa sebenarnya yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu perkembangan anak autis? Berikut beberapa cara mendidik anak autis di rumah.

terapi autis

Terapi anak autis di rumah

  1. Ciptakan suasana dan lingkungan belajar dirumah yang bersahabat untuk si autis. Orang tua harus dapat menciptakan suasana belajar yang kondusif dengan suasana penuh kasih sayang. Jangan pernah berkata kasar atau bahkan memarahi anak usahakan untuk selalu sabar dalam membimbingnya. Dengan demikian si anak akan merasa nyaman ketika belajar dirumah.
  2. Sajikan pembelajaran yang menyenangkan dan membuat anak memiliki semangat tinggi. Untuk hal ini orang tua dituntut untuk dapat kreatif dalam menyajikan pengajaran atau pendidikan bagi anak autis. Misalnya dengan menggunakan puzzle untuk melatih otak anak dan memancing rasa ingin tahunya. Selain itu membacakan cerita atau dongen juga sangat baik untuk mendukung pertumbuhan dan kecerdasan anak autis.
  3. Buat jadwal yang ketat namun tidak terkesan memaksa. Hal ini tujuannya adalah untuk melatih anak hidup disiplin dan teratur. Namun dalam penjadwalan ini orang tua juga harus aktif menunjukkan contoh real kepada si anak. Dengan demikian anak diharapkan akan mengikuti perilaku orang tua untuk mematuhi jadwal yang dibuat.

3 cara tersebut merupakan cara sederhana namun sangat bermanfaat untuk menunjang pendidikan anak autis dirumah. Intinya suasana rumah yang menyenangkan dan penuh rasa kasih saying merupakan kunci dari terapi anak autis dirumah.

author