3 Cara Tepat Atasi Bayi Susah Minum Susu

1 comment 779 views

ASI memang merupakan asupan nutrisi terbaik dan terpenting untuk bayi, karena ASI memiliki kandungan yang seimbang yang dibutuhkan oleh tubuh bayi. Namun meskipun demikian, tidak ada salahnya ketika bayi telah memasuki usia 6 bulan ia mulai diberikan susu formula sebagai nutrisi tambahan. Susu formula ini tentu akan sangat dibutuhkan untuk menunjang proses tumbuh kembang bayi, terutama bagi ibu yang produksi asinya minim atau sedikit.

Namun bagaimana jika bayi susah minum susu, sementara ASI yang dihasilkan sedikit? Tentu hal ini akan menimbulkan kekawatiran tersendiri bagi seorang ibu. Bayi yang kebutuhan susunya tidak terpenuhi dengan baik memiliki resiko lebih tinggi untuk tumbuh dibawah normal. Oleh sebab itu penting bagi ibu untuk memperhatikan betul kebutuhan susu si kecil. Untuk mengatasi bayi yang susah minum susu, seorang ibu dapat memperhatikan hal – hal berikut.

bayi minum susu

Tips mengatasi bayi susah minum susu

Pertama berikan susu dengan kemasan yang menarik. Misalnya bagi dengan menggunakan botol susu yang berbentuk lucu dengan warna yang disukai bayi Anda. Dengan melakukan hal ini tentu bayi akan lebih tertarik dan akan lebih mudah dibujuk untuk mau minum susu. Namun yang harus menjadi catatan adalah ketika bayi telah mampu minum menggunakan gelas, segera hentikan pemberian susu dengan botol dan pindah menggunakan gelas.

Kedua sesuaikan jenis dan rasa susu dengan selera bayi. Kini berbagai jenis susu formula telah banyak berkembang dan beredar dimasyarakat dengan aneka rasa. Usahakan untuk tidak memaksakan jenis susu tertentu kepada bayi Anda, turuti selera rasa si kecil agar ia mau minum susu dengan rutin. Namun meskipun demikian Anda tetap harus memperhatikan kualitas dan keamanan jenis susu yang diberikan.

Ketiga buat variasai makanan dari bahan susu. Jika bayi benar – benar tak mau minum susu, Anda dapat memilih cara alternative dengan mengolahnya menjadi menu makanan lain. Misalnya dengan mencampurkan susu pada jus, keu, atau pudding. Dengan demikian kebutuhan bayi akan susu tetap akan terpenuhi.

Beberapa cara di atas semoga dapat membantu mengatasi masalah bayi susah minum susu, sehingga kebutuhan akan susunya tetap terpenuhi dengan baik.

author