3 Faktor Utama yang Dapat Menentukan Arah Perkembangan Anak

Tumbuh kembang anak sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor baik itu yang berasal dari dalam diri maupun luar diri anak. Apa saja faktor utama yang dapat menentukan arah pertumbuhan anak? Berikut ulasannya.

3 faktor penentu arah perkembangan anak

Pertama tumbuh kembang anak dipengaruhi oleh genetik atau faktor keturunan. Tidak dapat dipungkiri sedikit banyak seorang anak akan mewarisi beberapa gen dari orang tuanya, entah itu dari pihak ayah atau ibu. Umumnya pewarisan genetik ini bersifat fisik, seperti misalnya bentuk wajah yang mirip, postur tubuh yang sama, warna kulit yang sama, dan sebagainya. Keadaan fisik yang dipengaruhi gen ini secara tidak lagsung tentulah akan dapat mempengaruhi arah pertumbuhan anak.

lingkungan

Faktor kedua yang juga sangat berpengaruh adalah lingkungan. Bahkan faktor ini dapat dikatakan lebih hebat pengaruhnya untuk diri anak dari pada faktor genetik. Jika pada faktor genetik yang dipengaruhi adalah fisik, maka untuk faktor kedua ini akan lebih berdampak pada kepribadian atau sifat anak. Dimana ketika ia tumbuh dan besar pada lingkungan yang baik maka kemungkinan ia untuk berkembang menjadi pribadi yang baik akan sangat besar. Sebaliknya ketika ia dibesarkan pada lingkungan yang kacau atau tidak kondusif, maka ia akan berpotensi menjadi pribadi yang kurang baik. Perlu diketahui yang dimaksud faktor lingkungan disini termasuk didalamnya pola asuh keluarga, lingkungan pendidikan, dan lingkungan bermain anak.

Faktor ketiga yang juga tidak kalah penting adalah nutrisi. Tidak dapat dipungkiri bahwa tanpa adanya ketercukupan nutrisi pada diri anak, mustahil anak akan dapat berkembang secara maksimal. Pasalnya nutrisi yang diserap oleh tubuh akan sangat berpengaruh pada tingkat kesehatannya yanga akan berpengaruh pada benyak hal dalam proses perkembangannya. Misalnya saja ketika kebutuhan nutrisinya tidak terpenuhi dengan baik ia akan mudah sakit. Selain itu karena nutrisi yang diserap kurang, perkembangan otaknya tidak dapat berjalan secara maksimal.

author