3 Hal ‘Spele’ Pemicu Iritasi Kulit pada Bayi

Kulit bayi masih terus mengalami perkembangan pesat hingga ia memasuki masa kanak – kanak akhir. Selama masa perkembangan pesatnya ini, kulit si kecil masih sangat sensitif sehingga rentan terkena berbagai masalah kesehatan kulit. Salah satu masalah yang hampir pernah di alami oleh semua bayi adalah iritasi.

Iritasi pada kulit bayi sendiri dapat ditunjukkan dengan gejala yang bermacam – macam, mulai dari gatal – gatal hingga ruam merah pada kulit. Adapun penyebab terjadinya iritasi kulit pada bayi ini sendiri juga beragam. Apa saja? Simak ulasan berikut.

iritasi

Penyebab iritasi kulit pada bayi

  1. Sabun mandi antibakteri

Sabun mandi antibakteri sejatinya melindungi dan menghindarkan bayi dari berbagai kuman dan bakteri berbahaya. Namun pada kenyataannya, tidak semua bayi cocok dengan bahan tertentu yang terdapat dalam sabun mandi antibakteri. Misalnya saja triclosan. Bahan ini bagi bayi yang memiliki kulit sangat sensitif berpotensi menyebabkan iritasi kulit.

  1. Pakaian bayi

Nampaknya semua benda yang ada disekitar bayi dapat memicu iritasi kulit, bahkan pakaian bayi sekalipun. Pakaian bayi yang terlalu ketat dengan bahan yang kurang mampu menyerap keringat merupakan salah satu jenis pakaian yang berpotensi menyebabkan iritasi kulit bayi.

  1. Deterjen pencuci pakaian bayi

Deterjen dapat pula menjadi sumber pemicu iritasi kulit bayi yang sensitif. Bahan – bahan kimia yang dalam deterjen menjadi penyebab utamanya. Terlebih jika anda tidak membilas pakaian bayi secara tuntas, maka akan meninggalkan residu deterjen yang berpotensi sebabkan iritasi kulit.

 

author