3 Hal Utama yang Harus Anda Perhatikan dalam Pertumbuhan Anak

Tumbuh kembang anak akan sangat dipengaruhi oleh berbagai hal yang ada di sekitarnya. Mulai dari asupan nutrisi, pola asuh, dan sikap orang tua menjadi faktor penting yang harus diperhatikan olah seorang ibu.

ibu anak

Pertama adalah asupan nutrisi. Dalam proses pertumbuhan dan perkembangannya seorang anak tentu membutuhkan asupan yang baik, yakni berupa makanan sehat, bergizi tinggi dan seimang. Kebutuhan nutrisi anak ini tentu harus diperhatikan betl oleh seorang ibu, pasalnya pada usis – usia dinilah pertumbuhan anak dapat berjalan dengan sangat cepat sehingga perlu asupan nutrisi yang mantap.

Kedua adalah pola asuh. Bagaimana cara dan pendekatan yang dilakukan oleh orang tua dalam mengasuh anak tentu menjadi salah satu poin penting yang dapat menentukan arah pertumbuhan anak. Pada masa usia dini anak memiliki kemampuan imitasi atau meniru yang sangat baik. Pasalnya otak anak masih sangat fresh sehingga mampu menangkap dan mengingat dengan baik segala hal yang ia lihat. Oleh sebab itu seorang ibu tentu harus berandai – pandai dalam engasuh dan mendidik anak. Mulailah segala sesuatu dengan memberikan contoh yang baik kepada anak. Pemberian contoh tindakan nyata meskipun sangat sederhana sekalipun akan segera ditiru olah anak dan akan menjadi kebiasaannya jika terus di ajarkan.

Ketiga adalah cinta dan kasih sayang. Dalam membimbing anak pada masa pertumbuhannya hal yang tidak kalah penting adalah cinta dan kasih sayang. Landasilah semua hal yang terkait anak dengan kasih sayang yang tulus. Hal seperti ini secara tidak langsung dapat merangsang pertumbuhan positif anak sekaligus menambah kedekatan anda dengan si kecil. Selain itu usahakan untuk tidak melakukan sesuatu yang bersikap keras atau memarahi anak, terlebih kekerasan fisik dan psikologis. Pasalnya hal seperti ini dapat membuat anak mengalami trauma dan menyebabkan perkembangan anak menjadi terganggu.

author