3 Hal yang Harus Anda Bicarakan Sebelum Menikah

Bagi sebagian orang mungkin menilai bahwa menikah dan membangun rumah tangga adalah sebuah hal yang membahagiakan dan akan selalu dipenuhi dengan kesenangan. PAndangan ini tidak seluruhnya salah, karena memang dengan menikah kebahagiaan hidup seseorang akan semakin lengkap. Terlebih ketika suatu saat nanti telah dikaruniai buah hati.

Namun yang perlu digaris bawahi disini adalah bahwa setelah menikah akan ada banyak hal yang menjadi tantangan dalam membangun rumah tangga. Untuk itu, bagi Anda yang memang telah merencanakan untuk menikah, persiapkan betul kehidupan Anda setelah menikah nanti. Bicarakan dengan pasangan Anda berbagai hal penting dalam membangun rumah tangga serta buatlah perencanaan secara matang untuk kedepannya.

nikah

Lantas, apa saja yang harus dipersiapkan sebelum menikah? Ada banyak hal. Namun pada kesempatan kali ini kami telah merangkum 3 hal utama yang perlu Anda persiapkan sebelum menikah. Apa saja?

  1. Tempat tinggal

Tentukan rencana Anda terkait masalah ini. Apakah Anda dan pasangan akan ikut bersama orang tua, menyewa rumah, atau membangun rumah sendiri. Nah untuk pilihan terbaik tentu adalah dengan membangun rumah sendiri dan meninggalinya bersama pasangan Anda. Namun untuk membangun rumah pun Anda juga membutuhkan beberapa pertimbangan, misalnya desain atau gaya rumah, lokasi rumah dan kemudahan akses ke kantor, pusat kota, dan ke rumah orang tua. Beberapa hal ini penting karena nantinya akan sangat bermanfaat untuk hidup Anda.

  1. Pekerjaan

Menitih karir dengan pekerjaan yang mapan memang mutlak dibutuhkan untuk Anda dan pasangan. Diskusikan dengan pasangan Anda mengenai pekerjaan Anda dan pasangan Anda kelak setelah menikah. Apakah akan sama – sama bekerja atau hanya sang suami yang bekerja dan istri tetap dirumah fokus pada anak – anak. Semua harus Anda bicarakan dengan pasangan Anda.

  1. Rencana anak

Anak adalah sebuah pelengkap dalam sebuah rumah tangga, untuk itu sangat penting bagi Anda dan pasangan mendiskusikan masalah ini. Rencanakan sejak awal kapan Anda dan pasangan berencana memiliki momongan, rencanakan pula berapa jumlah anak Anda kelak. Tidak cukup sampai disitu ada baiknya pula jika Anda pun jauh – jauh hari merencanakan strategi untuk mendidik dan membesarkan buah hati Anda.

Nah demikian tadi beberapa hal dasar yang harus Anda persiapkan sebelum melangsungkan pernikahan.

author