3 Jenis Kanker yang Sering Terjadi pada Anak

No comment 544 views

Tidak dapat dipungkiri anak – anak memiliki tingkat kekebalan tubuh yang jauh lebih rendah dibanding orang dewasa. Tingkat kekebalan tubuh yang masih lemah ini tentu dapat memicu berbagai potensi gangguan kesehatan, dari yang sederhana seperti flu dan demam, hingga masalah yang lebih serius seperti kanker.

leukimia

Berbicara mengenai penyakit kanker pada anak, berikut ini 5 jenis kanker yang sangat berpotensi menyerang anak:

  1. Leukimia

Leukimia atau kanker darah merupakan kanker yang paling sering ditemukan pada anak – anak. Penyebabnya adalah paparan sinar x selama masa kandungan, radiasi, kemoterapi, serta kelainan genetik seperti sindrom down. Umumnya kanker ini ditandai dengan gejala seperti demam tanpa sebab, turunnya sistem kekbalan tubuh, sering pusing, berkeringat dimalam hari, dan tingkat infeksi meningkat.

  1. Limfoma

Limfoma adalah kanker yang terjadi pada kelenjar getah bening, limpa, amandel, timus, sumsum tulang belakang, dan kelenjar gondok. Kanker ini menempati posisi kedua jenis kanker yang banyak menyerang anak – anak. Gejala yang timbul akibat kanker limfoma antara lain susah bernafas, batuk – batuk, nafas berdesir, penurunan berat badan, pembesaran kepala dan tubuh bagian atas, serta sulit menelan makanan.

  1. Kanker otak

Kanker terbanyak ketika yang sering ditemukan pada anak – anak adalah kanker otak. Kanker ini merupakan kanker yang amat berbahaya, karena menyerang bagian pusat kendali tubuh. Kanker otak pada anak ditandai dengan gejala sakit kepala yang berkepanjangan, sering mual dan untah – muntah, gangguan fungsi alat indra, mengalami masalah keseimbangan tubuh, kejang – kejang, serta sulit berjalan. Pada bayi dapat juga ditandai dengan peningkatan ukuran kepala.

author