3 Jenis Mainan Tepat untuk Anak Autis

No comment 1215 views

Anak – anak tentu tak bisa lepas dengan yang namanya mainan. Mainan selain sebagai sesuatu yang sangat menarik dan bisa dijadikan sarana hiburan ternyata juga sangat berpengaruh pada proses perkembangan anak. Namun untuk memilih dan memilah jenis mainan yang tepat untuk anak tentu tidaklah mudah, terlebih untuk anak – anak berkebutuhan khusus seperti anak autis.

Anak autis membutuhkan jenis mainan yang dapat membantunya untuk dapat mengembangkan kemampuannya serta membuatnya percaya diri dan mampu berinteraksi dengan orang lain. Untuk oitu berikut kami sajikan beberapa jenis mainan yang sangat cocok untuk anak autis.

pazel

  1. Trampolin

Trampolin tentu merupakan salah satu jenis mainan yang baik untuk membantu perkembangan anak autis. Anak autis yang umumnya memiliki masalah dengan keseimbangan sitem motoriknya akan sangat terbantu dengan adanya mainan ini. Dimana anak akan belajar bagaimana memposisikan dan merespon tubuh ketika bermain trampolin.

  1. Puzzle

Puzzle merupakan jenis mainan yang dapat membantu anak autis berfikir kreatif sekaligus melatih konsentrasi dan kesabarannya. Selain itu puzzle akan membiasakan anak menyelesaiakan masalah sehingga dapat membantu merangsang perkembangan otaknya.

  1. Balok mainan

Balok mainan yang tersedia dalam aneka warna dan bentuk tentu menjadi sesuatu yang sangat menarik bagi anak. Dibalik tampilannya yang menarik tersebut ternyata juga tersimbang berbagai manfaat untuk anak autis. Melalui balok mainan ini anak dapat melatih kemampuan atau ketrampilan serta kreatifitasnya.

Nah demikian tadi beberapa jenis mainan yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan anak autis. Intinya usahakan untuk seselektif mungkin memilih mainan untuk anak, jangan asal memberikan mainan yang sama sekali tak memberikan manfaat.

author