3 Jenis Makanan yang Membantu Meredakan Sariawan pada Balita

Walaupun terdengar spele namun ternyata sariawan pada balita tak boleh dianggap remeh. Sariawan seringkali menyebabkan si kecil susah makan sehingga dapat berdampak buruk pada masalah gizi dan nutrisinya. Alhasil selama mengalami sariawan berat badannya dapat mengalami penurunan.

Seriawan merupakan jenis gangguan yang memang kerap menggaggu anak, namun meskipun demikian penyebab pasti dari penyakit ini sulit diketahui. Umumnya sariawan pada balita dapat disebabkan oleh intoleransi jenis makanan tertentu, seperti alergi terhadap susu, stoberi, tomat, gandum, dan bahkan minuman terlalu dingin.

sariawan

Jika memang sariawan pada balita disebabkan oleh suatu jenis makanan, tentu salah satu solusinya adalah dengan menjauhkan si kecil dari makanan tersebut. Selain itu Anda juga harus benar – benar memperhatikan pola makan sehari – harinya. Asupan makanan dengan kandungan nutrisi yang tepat dan seimbang dapat menghindarkan anak dari segala jenis penyakit termasuk sariawan.

Selain itu hindarkan anak dari jenis makanan yang terlalu asam dan panas karena dapat menyebabkan luka akibat sariawannya semakin terasa sakit dan perih. Nah oleh sebab itu Anda sebagai orang tua dituntut untuk selektif dalam memilih menu makanan untuk anak yang sedang mengalami sariawan. Berikut ini beberapa jenis makanan yang dapat Anda jadikan sebagai obat sariawan untuk si kecil.

  1. Madu. Madu dari dulu dipercaya memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan serta dapat menyembuhkan berbagai jenis luka. Caranya oleskan madu pada bagian sariawan yang luka, lakukan secara perlahan.
  2. Plain yoghurt. Jenis makanan ini mengandung bakteri acidophilus dalam jumlah yang tinggi. Bakteri ini dapat memabantu membersihkan luka pada sariawan anak.
  3. Bawang putih. Bawang putih mengandung kadar antiseptik yang cukup tinggi sehingga baik untuk luka. Caranya haluskan bawang putih dan oleskan pada bagian sariawan yang luka.

author