3 Jenis Makanan yang Sering Menyebabkan Alergi pada Anak

Anak – anak umumnya memiliki tingkat alergi yang lebih tinggi dibanding dengan orang dewasa. Tingkat kekebalan tubuh atau imunitas anak yang masih lemah atau belum maksimal menjadi salah satu alasannya.

Berbicara mengenai masalah alergi pada anak, tentu tidak bisa lepas dari masalah makanan. Yap makanan memang menjadi salah satu pemicu utama terjadinya berbagai alergi pada anak. Setiap jenis makanan pada dasarnya dapat berpotensi menyebabkan alergi, hanya saja kadarnya berbeda – beda. Berikut ini beberapa jenis makanan yang sering kali menyebabkan alergi pada anak.

ale

  • Susu sapi

Protein yang terdapat pada susu sapi sangat berpotensi menyebabkan alergi pada bayi usia 6 – 12 bulan. Alergi yang terjadi dapat ditandai dengan masalah diare dan muntah – muntah. tidak hanya susu sapi murni namun berbagai macam olahannya pun juga berpotensi menyebabkan alergi, seperti misalnya es crem dan yogut.

  • Telur ayam

Telur ayam merupakan pemicu alergi yang cukup kuat, terutama bagi anak – anak yang menderita penyakit eksim. Gejala alergi yang muncul biasanya berupa rasa gatal yang terkadang disertai dengan bercak merah di kulit.

  • Sea food

Yang termasuk dalam jenis makanan ini antara lain kelompok ikan laut, kepiting dan udang. Alergi yang timbul akibat makanan ini biasanya berupa gangguan pernafasan seperti bersin – bersin dan sesak nafas atau asma.

author