3 Jenis Olahraga yang Dianjurkan untuk Ibu Hamil

No comment 640 views

Tak dapat dipungkiri olahraga merupakan suatu aktivitas yang sangat bermanfaat untuk kesehatan, sekalipun kegiatan ini dilakukan oleh ibu hamil. Bahkan menurut berbagai penelitian melakukan olahraga secara rutin selama masa kehamilan dapat meminimalkan berbagai keluhan kehamilan serta memperlancar proses bersalinnya kelak. Selain itu olahraga yang baik untuk kesehatan ibu hamil, secara tidak langsung juga berpengaruh pada proses pertumbuhan janin dalam kandungan.

Namun tentunya ketika masa hamil tak sebarangan jenis olahraga dapat dilakukan. Hanyalah olahraga yang bersifat ringan dan tak terlalu membutuhkan tenaga ekstra. Lantas apa saja olahraga yang cocok untuk ibu hamil? Berikut ulasannya.

olah raga ibu hml

Jenis olahraga yang tepat selama masa kehamilan

  • Jalan santai

Jalan kaki selama beberapa menit sambil menghirup udara segar di pagi hari bagi sebagian orang dipandang sebagai sesuatu yang spele. Namun jangan salah, olahraga yang satu ini ternyata sangat baik untuk ibu hamil. Manfaat yang didapat dari olah raga ini adalah menjaga dan meningkatkan kesehatan fungsi paru – paru dan jantung, melancarkan aliran darah, meningkatkan kebugaran dan stamina, menguatkan otot tungkai serta dapat menghilangkan stress.

  • Berenang

Olahraga ini baik dilakukan oleh ibu hamil di trimester awal (1 dan 2), sedangkan untuk trimester akhir olahraga ini dapat sedikit berbahaya. Pasalnya keseimbangan ibu hamil akan mulai berkurang seiring dengan bertambahnya usia kandungan sehingga sangat berbahaya ketika di dalam air. Dengan melakukan renang secara rutin dapat membantu ibu hamil tidur nyenyak berkualitas, meredakan atau meringankan rasa mual, menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung, serta menguatkan otot – otot di sekitar panggul sehingga akan memudahkan ketika persalinan.

  • Yoga

Yoga untuk ibu hamil memang didesain dengan gerakan – gerakan yang berfungsi untuk memepersiapkan fisik dan emosi ibu menjalani masa kehamilan dan mempersiapkan proses persalinan. Olahraga yang menitik beratkan pada irama gerak dan pernafasan ini memiliki manfaat yang luar biasa untuk kehamilan, antara lain meningkatkan stamina, daya tahan, dan kekuatan tubuh, melenturkan persendian sehingga menghindarkan nyeri sendi yang kerap menyerang ibu hamil. Selain itu gerakan yang dilakukan dalam yoga dapat membuat ibu hamil rileks.

author