3 Jurus Jitu Usir Sembelit pada Anak Balita

Sembelit merupakan salah satu masalah kesehatan pada sistem pencernaan yang sering menyerang anak – anak. Penyakit ini umumnya ditandai dengan mengerasnya fases sehingga sulit dikeluarkan, yang kerap disertai dengan rasa nyeri pada bagian perut. Bahkan terkadang disertai dengan terjadinya keram perut. Masalah ini bisa sampai terjadi selama beberapa hari, minggu, atau bahkan ada yang sampai berbulan – bulan.

Penyebab masalah sembelit pada anak, antara lain adalah pola makan anak yang sebarangan dengan mengabaikan ketercukupan air dan serat. Selain itu kegemaran anak mengkonsumsi makanan junk food juga dapat menjadi pemicunya.

anak sembelit

Masalah sembelit pada anak tentu tak boleh dianggap remeh. Bersegera mencari solusi untuk menyembuhkannya adalah tindakan tepat yang harus anda lakukan. Namun bagaimana cara tepat mengatasinya? Berikut ada 3 jurus jitu menyembuhkan sembelit anak secara alami:

  1. Berikan asupan cairan yang cukup setiap hari. Anak usia balita memerlukan rata – rata 1.3 liter cairan perhari untuk memenuhi kebutuhan tubuhnya, untuk itu anda memenuhinya. Beberapa minuman sehat yang disarankan untuk anak usia balita antara lain air putih dan jus buah – buahan.
  2. Cukupi kebutuhan serat anak dengan buah dan sayur. Memberikan asupan buah dan sayur kepada anak secara rutin merupakan solusi terbaik untuk masalah sembelit. Beberapa jenis buah dan sayur yang disarankan antara lain pepaya, apel, melon, kurma, brokoli, kubis, kembang kol, dan slada.
  3. Hindari makanan yang berpotensi memicu sembelit. Jenis makanan yang harus anda jauhkan dari anak – anak selama masa penyembuhan ini adalah makanan yang rendah serat dan tinggi lemak, seperti junk food.
author