3 Keadaan Psikologis Anak yang Sebabkan Susah Makan

Melihat anak tak mau makan tentu menjadi masalah tersendiri bagi seorang ibu. Kecemasan dan kekawatiran tentu akan datang silih berganti akibat masalah ini. Wajar saja, pasalnya ketika anak susah makan sama artinya dengan asupan kebutuhan nutrisi dalam tubuhnya akan terganggu. Bagaimana tidak? Melalui makananlah sebagian besar nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh anak akan di penuhi.

Penyebab masalah anak susah makan ini tentu sangat beragam mulai dari menu yang tidak cocok hingga adanya gangguan kesehatan. Selain itu masalah anak susah makan juga dapat disebabkan oleh adanya masalah psikologis pada anak.

Psikologis anak memang memiliki pengaruh yang sangat besar pada mood anak dalam melakukan sesuatu, termasuk didalamnya makan. Lantas keadaan psikologis seperti apa yang dapat menyebabkan anak susah makan? Penasaran? Yuk simak sama – sama.

makan

3 kondisi psikis yang menyebabkan anak susah makan

Pertama anak mengalami depresi. Depresi pada anak sendiri dapat diakibatkan oleh banyak hal, diantaranya adalah kekecewaan, kekesalan, ketakutan, dan menjadi korban kekerasan. Ketika anak mengalami depresi ini umumnya nafsu makannya akan menurun secara drastis sehingga anak menjadi susah makan.

Kedua anak mengalami perasaan cemas yang berlebihan. Kecemasan seorang anak dapat dilihat dengan munculnya berbagai gejala seperti gelisah, mengeluarkan keringat dingin, detang jantung meningkat, dan umumnya mengalami susah tidur. Kondisi seperti ini dapat terjadi akibat banyak hal, salah satunya adalah ketika mereka memasuki lingkungan baru dalam pergaulannya.

Selanjutnya adalah rasa takut yang ditimbulkan akibat sikap orang tua. Hal ini dapat terjadi ketika seorang anak yang sedang tidak mau makan dipaksa untuk makan oleh orang tuanya, bahkan dengan cara yang keras. Dengan demikian tentu anak akan menganggap bahwa makan merupakan hal yang tidak menyenangkan dan bahkan cenderung menakutkan. Alhasil mereka akan menjadi susah makan.

author