3 Kemampuan Dasar yang Wajib Dimiliki dalam Mengasuh Anak

Mengasuh anak tentu merupakan hal sangat menyenangkan sekaligus merepotkan. Bercanda gurau dengan si kecil adalah saat – saat paling menyenangkan yang dapat dinikmati oleh seorang ibu. Namun disisi lain mereka juga harus bertanggung jawab terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak yang diasuhnya, baik secara jasmani maupun rohaninya.

Bagi sebagian ibu yang telah memiliki banyak pengalam tentu hal ini bukanlah menjadi sebuah masalah yang serius. Namun bagaimana dengan ibu muda? Tentu hal ini akan sangat berbeda. Pasalnya dalam mengurus dan mengasuh anak dibutuhkan berbagai skill dasar yang akan terus meningkat seiring dengan bertambahnya jam terbang mengasuh anak.

mengasuh

Berikut ini 3 kemampuan dasar yang wajib dimiliki oleh ibu muda dalam mengasuh anak:

Kepekaan kondisi

Seorang pengasuh haruslah memiliki tingkat kepekaan yang tinggi terhadap segala hal disekitar anaknya, baik perubahan yang bersifat positif maupun negatif. Pasalnya dengan mengetahui setiap perubahan yang terjadi pada anak anda akan mudah untuk melakukan langkah apa yang tepat untuk mengatasinya.

Kemampuan menghibur

Anak – anak atau bayi sangat mudah rewel ketika kondisi disekitarnya tidak sesuai dengan apa yang ia inginkan. Oleh sebab itu dibutuhkan seorang pengasuh yang memiliki kemampuan menenangkan dan menghibur anak yang baik. Kemampuan menghibur anak ini termasuk didalamnya kemampuan mendongeng dan bernyayi.

Ketrampilan merawat anak

Hal ini mutlak dibutuhkan untuk mengasuh seorang anak terutama yang masih berusia dibawah dua tahun. Ketrampilan merawat anak termasuk didalamnya ketrampilan memandikan, membersihkan, menyuapi, dan sejenisnya.

author