3 Kewajiban Utama Suami dalam Membangun Rumah Tangga

Sebagai seorang kepala keluarga, ada banyak hal yang menjadi tanggung jawab suami terhadap istri dan anak – anaknya. Mulai dari mencukupi nafkah, menjadi teladan, hingga memberikan rasa aman bagi keluarga. Dan berikut ini telah kami rangkum 3 kewajiban utama suami dalam membangun rumah tangga. Check it out!

suami apa adanya

  1. Menjadi pemimpin yang bijak

Tugas dan kewajiban paling utama seorang suami adalam menjadi kepala keluarga yang memimpin istri dan anak – anaknya. Dalam menjalankan kewajibannya ini, suami harus mampu mengayomi dan membimbing keluarganya untuk mencapai kebahagiaan, baik dunia maupun akhirat. Selain itu, suami juga harus mampu memposisikan diri secara bijak dalam menyelesaikan setiap masalah yang menerpa keluarganya.

  1. Mengajarkan ilmu yang bermanfaat

Tidak ada yang lebih berharga dari sebuah ilmu, karena dengan ilmu yang dimiliki sebuah keluarga akan mampu hidup secara sukses, baik sukses dalam artian dunia maupun sukses dalam artian akhirat. Maka dari itu tugas seorang suami adalah membimbing istri serta anak – anaknya mendapatkan ilmu yang baik yang akan bermanfaat bagi kehidupan. Dan ilmu yang paling utama yang harus diajarkan dan ditanamkan adalah ilmu agama.

  1. Memberikan nafkah yang layak

Kehidupan berumah tangga akan semakin indah dengan didukung sektor ekonomi yang mapan serta kebutuhan sandang, pangan, dan papan tercukupi. Maka dari itu, disinilah tugas suami sebagai kepala keluarga wajib memberikan nafkah yang layak kepada istri dan anak – anaknya. Namun, tidak cukup hanya itu, selain nafkah jasmani tentu nafkah rohani juga harus diberikan.

author