3 Langkah Cerdas Atasi Bayi Rewel yang Bangun Dimalam Hari

Sebagai seorang ibu tentu Anda tidak asing dengan tangisan bayi, entah itu karena lapar, mengatuk, atau berbagai alasan lain. Menghadapi masalah ini tentu Anda sudah harus mahir sehingga si kecil dapat kembali tenang dan Andapun tak dibuat panik.

Namun bagaimana jika bayi tiba – tiba terbangun dimalam hari dan menangis, apa yang harus Anda lakukan? Tentu masalah ini berbeda halnya dengan ketika bayi menangis di siang hari. Untuk mengatasi masalah seperti ini dibutuhkan tips khusus agar bayi lekas diam dan dapat kembali tidur.

bayi nangis

3 langkah mengatasi tangis bayi yang terbangun di malam hari

  • Pertama jangan panik dan periksa popok bayi. Bayi yang terbangun malam hari dan menangis biasanya dikarenakan popok yang basah sehingga ia merasa tidak nyaman dengan dirinya. Jika memang popoknya basah segera ganti dengan popok yang baru agar ia kembali merasa nyaman.
  • Jika bukan karena popok yang basah, kemungkinan kedua adalah bayi merasa lapar. Untuk itu coba tawarkan ASI pada si kecil biarkan ia minum hingga rasa laparnya hilang. Dengan demikian bayi akan kembali tenang dan tertidur pulas lagi.
  • Jika bayi masih belum juga tenang dan kembali tidur, cobalah untuk menimang – nimang bayi sambil bernyanyi pelan agar bayi merasa nyaman dan tenang. Cara terakir ini biasanya cukup efektif untuk membuat bayi kembali tidur.
author