3 Langkah Tepat Melakukan Pertolongan Pertama pada Luka Bakar Anak

Setiap anak yang tengah memasuki masa – masa balita biasanya memiliki tingkat ingin tahu yang tinggi terutama terhadap berbagai hal baru yang ia temui. Rasa keingintahuan ini seringkali membuat anak bereksperimen dengan melakukan hal – hal baru seperti apa yang ia lihat pada orang – orang disekitarnya. Anak akan mulai bergerak aktif dan energik bahkan cenderung tak mau berhenti, seperti tak memiliki rasa lelah sedikitpun.

Hal seperti ini tentu sangat baik untuk mendukung pertumbuhan anak, karena anak akan mengenal dan mengerti banyak hal dari apa yang ia lakukan. Namun sayangnya sikap anak yang hanya semaunya dan kurang berhati – hati seringkali menjadi malapetaka bagi dirinya sendiri. Misalnya saja ketika ia ikut memasak di dapur bersama ibundanya, tanpa sengaja si anak menyentuh benda panas dan menyebabkan luka bakar pada kulitnya. Hal ini tentu akan membuatnya kesakitan dan menangis sehingga menyebabkan sang bunda bingung dan panik. Namun sebenarnya dalam keadaan seperti ini seorang ibu di wajibkan tetap tenang dan segera mengambil tindakan tepat sebagai bentuk pertolongan pertama untuk anak yang mengalami luka bakar.

Lantas apa yang harus dilakukan seorang ibu ketika si kecil mengalami luka bakar? Tips dan triks berikut ini akan menjawab pertanyaan tersebut.

luka bakar

Panduan pertolongan pertama ketika terjadi luka bakar pada anak

  1. Siram luka bakar dengan air dingin. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menyiramnya dengan air yang mengalir selama beberapa menit (bukan merendamnya).
  2. Tutup bagian yang kulit yang mengalami luka bakar dengan kain bersih yang lembut (tidak berserabut), misalnya dengan menggunakan sarung bantal atau bakaian yang lembut. Tujuannya untuk mecegah infeksi sebelum dibawa ke dokter.
  3. Setelah melakukan kedua hal diatas, segera bawa si kecil ke dokter guna mendapatkan penanganan lebih lanjut.
author