3 Makanan Pantangan Anak Penderita Tipus

No comment 567 views

Menyembuhkan penyakit typus pada anak secara total tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Anda butuh kesabaran dan ketlatenan yang ekstra dalam melakukannya. Selain dengan melakukan pengobatan baik secara medis maupun tradisional, ada beberapa hal yang juga perlu anda perhatikan. Salah satunya adalah masalah makanan.

Yap anak penderita typus memang tidak boleh sebarangan dalam mengkonsumsi makanan, karena keadaan sistem pencernaannya sedang terganggu. Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang menjadi pantangan anak penderita typus, diantaranya yaitu makanan pedas, berlemak, serta minuman berkafein dan bersoda.

makanan pantangan tpus

Untuk lebih jelasnya, berikut 3 makanan dan minuman pantangan anak penderita typus:

  1. Makanan pedas

Makanan yang bersifat pedas akan menyebabkan rasa panas pada sistem saluran pencernaan. Nah kondisi seperti ini tentu akan memperparah luka pada bagian usus yang disebabkan oleh bakteri salmonella typhi. Kondisi yang semakin parah ini tidak meutup kemungknan akan menyebabkan pembengkakan pada bagian luka, atau bahkan pendarahan.

  1. Makanan berlemak

Perlu anda ketahui makanan dengan kadar lemak tinggi sulit dicerna oleh sistem pencernaan sehingga dibutuhkan tenaga ekstra untuk mencernanya. Padahal pada anak penderita typus kondisi saluran pencernaanya sedang bermasalah. Dengan demikian ketika saluran yang sedang tidak dalam kondisi fit ini dipaksa bekerja ekstra, bukan hal mustahil justru akan semakin memperparah kondisinya.

  1. Minuman bercafeein dan bersoda

Kedua jenis minuman ini dapat memicu peningkatan kadar asam lambung dalam perut anak. Bisa dibayangkan ketika usus yang luka kemudian terkena zat asam dengan kadar tinggi. Tentu kondisi lukanya akan semakin memburuk. Hal seperti ini tentu akan membuat penyakitnya semakin parah dan sulit disembuhkan.

author