3 Makanan Pantangan ketika Anak Menderita Asma

No comment 1395 views

Seperti halnya jenis gangguan kesehatan lainnya, anak penderita asma juga harus menjauhi beberapa makanan dan minuman pantangan. Hal ini ditujukan agar asma yang diderita tidak semakin parah dan dapat segera disembuhkan.

Lantas makanan apa yang harus dijauhi ketika anak menderita asma? Asma pada anak memiliki kaitan yang cukup erat dengan zat sulfit, dimana pada beberapa penderita sama (sekitar 20%) mengalami sensitifitas pada zat ini, khususnya bagi yang bergantung pada obat – obatan steroid. akibatnya zat ini dapat memicu terjadinya kambuh bagi anak penderita asma.

asma

Berikut beberapa zat makan yang sebaiknya dijauhi oleh anak penderita asma:

  1. Minuman anggur dan minuman fermentasi

Jenis minuman ini memiliki kandungan sulfit yang cukup tinggi. umumnya akan menyebabkan penderita asma mengalami sesak nafas setelah mengkonsumsinya.

  1. Buah dan sayuran kering

Buah dan sayuran dalam olahan segar tentu tidak menjadi masalah bagi anak penderita asma. Namun jika buah dan sayur diolah menjadi makanan kering, dampaknya akan sedikit berbeda. pasalnya pengeringan yang dilakukan dapat menyebabkan peningkatan kadar sulfit yang tidak baik untuk kesehatan anak penderita asma. Misalnya kismis, nanas, apricot, dan cranberry kering.

  1. Makanan olahan dari udang beku

Udang beku umumnya mengandung kadar sulfit yang lumayan tinggi. zat ini digunakan untuk mencegah munculnya bintik – bintik hitam pada udang. Namun untuk udang segar yang Anda beli langsung dari nelayan atau pembudidaya tidaklah menjadi masalah untuk dikonsumsi.

author