3 Manfaat Madu untuk Kesehatan Anak

No comment 671 views

Anak Anda suka madu? Yap dengan rasanya yang sangat manis wajar jika madu sangat disukai oleh anak – anak. Cairan berwarna coklat yang dihasilkan oleh lebah ini memang sangat cocok disajikan bersama roti tawar maupun untuk campuran minuman.

Namun tahukah Anda dibalik rasanya yang lezat ternyata madu menyimpan berbagai kebaikan untuk kesehatan anak? Sejak jaman dahulu madu memang dipercaya ampuh dalam mencegah dan mengobati berbagai gangguan kesehatan keluarga, termasuk anak – anak. Apa sajakah manfaatnya? Jika Anda belum mengetahuinya, ulasan berikut mungkin akan sangat bermanfaat untuk menambah wawasan Anda mengenai pentingnya madu untuk kesehatan anak.

madu

3 manfaat madu untuk kesehatan anak

  1. Mengobati sakit tenggorokan dan batuk

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa pemberian madu 2 sdm sebelum tidur pada anak yang mengalami masalah tenggorokan dan batuk, dapat mengurangi rasa sakit yang dirasakan dan membuat anak tidur nyenyak.

  1. Menyembuhkan luka

Madu merupakan sebuah antiseptic alami yang sangat ampuh untuk mencegah terjadinya infeksi pada luka. Hal ini disebabkan madu mengandung hydrogen peroksida dan berbagai zat lainnya yang secara efektif dapat mensterilkan luka pada anak – anak maupun orang dewasa. Caranya oleskan madu pada luka anak yang telah terlebih dulu dibersihkan, setelah itu tutup luka dengan perban.

  1. Menyehatkan sistem pencernaan

Madu memiliki kandungan bakteri baik yang cukup tinggi, dimana bakteri ini dapat berperan sebagai prebiotik dan menjaga kesehatan sistem pencernaan. Selain itu madu memiliki efek laksatif yang mampu mengurangi resiko sembelit dan perut kembung pada anak.

author