3 Manfaat Permainan Gobag Sodor Bagi Anak

No comment 2142 views

Permainan tradisional kini mulai ditinggalkan oleh anak-anak. Hal ini dikarenakan banyaknya permainan-permainan modern yang dirasa lebih menarik bagi anak-anak. Permainan modern seperti game, sosial media, serta mainan-mainan impor memang lebih diminati. Bukan hanya itu, faktor sempitnya tempat, wilayah tempat tinggal, serta sosialisasi antar warganya juga turut berpengaruh. Padahal banyak sekali keunggulan bermaian berbagai macam permainan tradisional.

lingkungan

Ada banyak macam permainan tradisional yang sebenarnya tidak kalah menariknya, hanya saja tidak dikenal oleh anak-anak masa kini. Permainan-permainan tersebut antara lain gobag sodor, lompat tali, sudamanda, petak umpet, boy-boynan, dan sebagainya. Masing-masing permainan tersebut memiliki aturan masing-masing. Contohnya adalah gobag sodor, yaitu permainan yang terdiri dari dua petak, dimana yang kalah akan menangkap teman lain, tetapi hanya berjalan di garis. Berikut adalah manfaat permainan gobag sodor untuk fisik maupun psikis anak:

  1. Menyehatkan

Untuk bermain gobag sodor anak-anak minimal harus berjalan atau berlari agar tidak tertangkap. Sehingga dapat sekalian olah raga.

  1. Melatih sosialisasi

Gobag sodor minimal hanya dapat diamainkan oleh dua orang. Sehingga tentu ada teman dan akan terjadi sosialisasi.

  1. Melatih sportivitas

Anak harus mau mengakui kekalahannya dalam bermain.

  1. Melatih karakter

Salah satu karakter dalam permainan ini adalah kejujuran, misalnya saja ketika keluar garis, dan mau menghargai teman yang lainnya.

Gobag sodor merupakan permainan yang dapat dijadikan pilihan bagi anak-anak Bunda. Hal ini dikarenakan Keuntungan bermain gobag sodor yang sangat baik untuk perkembangan si buah hati.

author