3 Masalah Kesehatan Pada Bayi

No comment 616 views

Beberapa masalah kesehatan pada bayi memang harus diwaspadai karena biasanya terjadi ketika bayi mengalami proses tahun pertama. Gangguan kesehatan yang biasa terjadi pada seorang bayi adalah sebagai berikut.

Muntah

Muntah atau gumoh pada bayi sudah dikatakan oleh para ahli sebagai hal yang normal. Ini merupakan gejala yang disebabkan oleh refluks asam dan biasa terjadi pada separuh dari semua bayi hingga mereka berusia 1 tahun. Bayi yang mengalami gumoh rata-rata disebabkan oleh katup kerongkongan serta perut yang belum mampu bekerja dengan sempurna. Anda dapat meminimalkan kemungkinan bayi gumoh dengan cara membuat bayi tetap tegah setelah menyusui, tidak menyusui terlalu banyak, dan menghindari popok yang terlalu ketat.

Sakit perut pada bayi

Salah satu tanda bahwa bayi mengalami sakit perut adalah ketika ia banyak menangis. Seorang bayi yang menangis dalam waktu lama misalnya 3 jam sehari serta dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama sepertinya mengalami sakit perut. Anda harus membawa bayi ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut meskipun biasanya kondisi ini akan berhenti ketika bayi berumur 3 hingga 4 bulan.

Flu

Tanda-tanda flu pada bayi tentu tidak jauh berbeda dengan orang dewasa pada umumnya. Bayi akan mengalami pilek, hidung tersumbat, dan mungkin demam yang bisa bertahan dalam waktu lama. Bahkan, kadang-kadang bayi mampu mengalami 8 hingga 10 kali flu dalam satu musim, sehingga gejala flu merupakan hal yang dianggap biasa. Flu merupakan penyakit yng terjadi karena sistem imun atau kekebalan tubuh bayi belum mampu bekerja dengan sempurna.

Diare

Tinja berair merupakan sbeuah hal yang sangat menghawatirkan. Diare merupakan penyakit yang disebabkan oleh banyak hal, namun sebagian besar karena makanan. Ketika bayi anda menyusui, maka jangan mengkonsumsi makanan yang mampu memicu diare. Air susu yang diperuntukkan bagi bayi, bisa saja terkontaminasi akibat makanan yang anda konsumsi. Bayi juga dapat mengalami dehidrasi jika buang air besar dengan tinja berair dengan kurun lebih dari 5 – 8 kali selama 8 jam.

Itulah beberapa masalah kesehatan pada bayi yang sudah seharusnya anda waspadai.

author