3 Panduan Pujian

No comment 550 views

1. Coba lebih spesifik

Pujian yang spesifik dapat menjelaskan apa yang sudah dilakukan dengan benar oleh anak kita. Pujian yang spesifik diucapkan dengan sederhana, tidak dilebih-lebihkan dan difokuskan pada prilakunya, bukan pada orangnya.

Contoh: “Mama menyukai caramu berusaha untuk tidak berebut mainan dengan adik.”

 

2. Katakan dengan tulus

Bagaimanapun juga, anak-anak tau apakah seseorang mengatakan sesuatu dengan jujur atau tidak. Jika kita mengatakan “Itu gambar yang indah.” tapi sebenarnya kita berpikir gambar itu jelek, anak-anak akan tau kalau ada yang tidak beres. Jika kita ingin mengatakan sesuatu yang baik, carilah bagian dari gambar itu yang kita sukai.

Misal: “Mama suka warna yang kamu gunakan.” , “Ini adalah bentuk yang indah.” , “Sepertinya kamu sangat suka menggambar.”

 

3. Lakukan dengan segera

Pujian yang diberikan dengan segera, akan memberikan informasi disaat anak-anak masih mengingat apa yang dia lakukan. Jika kita menundanya, mereka mungkin tidak ingat apa yang telah mereka lakukan.

Contoh: Waktu Ani menutup kloset kamar mandi setelah menggunakannya, langsung berikan pujian “Wah Ani hebat, sudah ingat untuk tutup klosetnya.”

 

 

author