3 Penyakit Kulit yang Kerap Terjadi pada Bayi

No comment 515 views

Bayi sangat rentan terkena berbagai penyakit kulit. Kulit bayi yang masih sangat sensitif ditambah dengan system kekebalan tubuh yang belum sempurna merupakan salah satu alasanya. Penyebab penyakit kulit pada bayipun bermacam – macam, ada yang disebabkan oleh virus atau bakteri ada juga yang disebabkan karena alergi terhadap makanan atau cuaca.

kulit

Oleh karena penyakit kulit ini sangat akrab dengan bayi, maka sebagai seorang ibu tentu Anda harus benar – benar memahaminya. Ada banyak jenis penyakit kulit yang sebenarnya dapat menjangkit si kecil, namun diantara yang banyak tersebut ada beberapa yang paling sering dan banyak menyerang bayi. Apa sajakah penyakit yang dimaksud? Berikut 3 gangguan kulit yang paling sering dialami bayi:

  1. Cacar air.penyakit kulit yang pertama ini sangat mudah menular pada bayi dan anak – anak baik melalui udara, air, maupun benda padat yang telah terkontaminasi. Penyakit yang ditandai dengan munculnya bintik – bintik merah disertai rasa gatal ini dapat menyebabkan berbagai komplikasi jika tak segera disembuhkan. Bahkan komplikasi yang terjadi dapat berupa pneumonia dan kerusakan otak yang fatal.
  2. Biang keringat. Penyakit kulit yang satu ini disebabkan karena terjadinya penyumbatan saluran keringat dan menyebabkan munculnya bintik – bintik merah pada beberapa bagian tubuh bayi seperti pada pipi, leher, dan pada berbagai bagian lipatan tubuh yang lainnya. Penyebabnya antara lain adalah cuaca yang sangat panas.
  3. Kadas atau kurap. Penyakit kulit ini disebabkan kerana infeksi jamur dan biasanya dapat menular melalui kontak tubuh secara langsung maupun memakai barang secara bersamaan dengan penderita. Gejala yang muncul dari penyakit ini adalah munculnya bercak putih seperti kulit mati yang terasa gatal.
author