3 Penyebab Utama Gigi Berlubang pada Anak

No comment 566 views

Gigi berlubang merupakan salah satu masalah kesehatan gigi yang kerap dialami anak. Anak – anak memang sangat rentan terkena berbagai masalah kesehatan gigi, terlebih jika anda sebagai orang tua tidak benar – benar memperhatikan kebersihannya. Masalah gigi berlubang seringkali menyebabkan rasa sakit yang luar biasa dan menyebabkan anak rewel, susah makan, dan tidak dapat tidur nyenyak. Akibatnya tak hanya bagian gigi saja yang bermasalah, namun bisa jadi akan berakibat pada masalah kesehatan secara umum pada anak.

Namun apa sih sebenarnya penyebab gigi berlubang pada anak? Nah pada kesempatan kali ini kami akan sedikit membahas tentang berbagai kebiasaan yang menyebabkan gigi berlubang pada anak. Berikut ulasannya.

gigi berlubang

Penyebab gigi berlubang

Malas menggosok gigi. Namanya juga anak – anak, tentu mereka belum begitu paham tentang manfaat dan pentingnya menggosok gigi secara rutin dan teratur. Kebiasaan mereka yang malas menggosok gigi dapat menjadi penyebab utama gigi berlubang. Pasalnya sisa makanan yang menempel pada gigi dapat memicu munculnya bakteri dan kuman yang dapat menyebabkan gigi berlubang.

Kebiasaan menggosok gigi yang salah. Baiknya menggosok gigi dilakukan sehabis makan, agar sisa makanan tidak tertinggal dan menempel digigi. Sayangnya kebanyakan ibu mengajarkan anak menggosok gigi ketika mandi, baik itu di pagi maupun sore hari. Anakpun tidak dibiasakan menggosok gigi sebelum tidur. Hasilnya potensi gigi berlubang pada anak akan semakin meningkat.

Kebiasaan makan dan minum yang terlalu manis. Anak – anak umumnya memang sangat senang dengan makanan yang manis. Sayangnya makanan yang bersifat manis ini secara tidak langsung dapat menyebabkan gigi keropos dan berlubang.

author