3 Peran Ibu dalam Perkembangan Anak

No comment 1968 views

Peran ibu dalam perkembangan anak tentu merupakan sebuah hal yang amat penting dan wajib disadari oleh siapapun. Perannya dalam mengembangkan kecerdasan, fisik, dan berbagai aspek lain di dalam diri anak begitu vital mulai dari anak tersebut berada dalam kandungan hingga tumbuh dewasa. Kami secara langsung memberikan peran ibu dalam perkembangan anak mulai dari anak berada dalam kandungan hingga si anak terlahir, dan menjadi dewasa.

Peran ibu ketika anak dalam kandungan

Ibu akan memberikan beragam hal penting yang berkaitan dengan kesehatan, dan kecerdasan anak selama mereka masih berada dalam kandungan. Untuk meningkatkan kualitas kesehatannya, ibu berusaha mengkonsumsi susu ibu hamil, dan terus mengkonsumsi makanan bergizi. Bahkan, banyak calon ibu yang menambahkan konsumsi vitamin sebagai bentuk peningkatan kualitas kesehatan dan kecerdasan anak. Tumbuh kembang otak janin juga begitu diperhatikan, dan rata-rata seorang ibu memberikan stimulus musik klasik sebagai bentuk meningkatkan kecerdasan otak.

Peran ibu ketika anak lahir

Seorang ibu akan berjuang dalam batasan hidup dan mati ketika melahirkan seorang anak. Perjuangannya dalam mengandung sang anak dalam waktu 9 bulan seakan belum cukup dan masih ditambah lagi dengan perjuangan dalam hal melahirkan. Ketika anak telah lahir, maka ibu akan memberikan air susu eksklusif atau ASI untuk menjaga kualitas perkembangan anak. Ibu juga selalu repot dalam hal menyediakan makanan tambahan sebagai asupan nutrisi bagi anak.

Peran ibu saat anak menginjak usia dini

Ibu memberikan sistem pendidikan bagi anak di rumahnya sendiri. Ia mengajarkan anak untuk menyebutkan nama lengkapnya dengan benar, memberikan nutrisi bergizi, dan melindunginya dari lingkungan yang berpengaruh negatif. Seorang ibu pula yang mengarahkan anak untuk masuk ke dalam lingkungan pendidikan tertentu, mengajarkan hal baik dan buruk, hingga menjadi guru bagi mata pelajarannya di rumah.

Itulah 3 hal penting terhadap peran ibu dalam perkembangan anak. tanpa seorang ibu, anak akan mendapatkan kekurangan kasih sayang, karena seorang ibulah yang terus berada di dekat anak dalam memberikan rasa kasih saying tersebut.

author