3 Sayuran yang Dapat Meningkatkan Produksi ASI secara Alami

ASI merupakan sumber nutrisi utama bagi bayi baru lahir hingga usia 6 bulan, karena melalui ASI inilah seluruh kebutan nutrisi bayi akan dipenuhi. Oleh sebab itu kualitas dan kauntitas ASI haruslah benar – benar diperhatikan selama masa – masa menyusui ini.

Nah untuk ada banyak hal yang harus Anda perhatikan agar produksi ASI Anda tetap lancar dan kualitasnya tetap terjaga. Salah satunya adalah menjaga pola makan dan mencukupi kebutuhan gizi harian Anda. Berikut ini beberapa makanan dari jenis buah dan sayur yang dapat melancarkan produksi ASI Anda.

susu

  1. Bayam.

Tentu jenis sayuran yang satu ini sudah sangat familier bagi Anda. Bayam memang sangat mudah ditemukan dan dapat tumbuh hampir di seluruh wilayah nusantara. Daun bayam segar mengandung banyak vitamin A, vitamin K, dan juga folat. Folatr merupakan salah satu nutrisi yang sangat penting untuk ibu hamil dan menyusui. Selain itu bayam juga mengandung fitoestrogen yang dapat memperbaiki jaringan payudara dan melancarkan produksi ASI.

  1. Wortel

Layaknya bayam, wortel juga kaya akan fitoestrogen yang sangat mambantu proses produksi ASI selama menyusui. Kandungan lain yang terdapat sayuran berwarna oren ini adalah vitamin A yang dapat menjaga energy ibu menyusui.

  1. Papaya

Pepaya selain mengandung serat yang banyak yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, ternyata juga mengandung banyak nutrisi yang diperlukan oleh ibu menyusui. Berbagai enzim dan fitokimia yang etrkandung didalamnya dapat membantu merawat dan memperbaiki jaringan – jaringan payudara sehingga serta melancarkan produksi ASI. Selain itu pepaya mengandung senyawa yang dapat membantu ibu menyusui merasa rileks sehingga dapat terhindar dari stress.

author