3 Tahap Perkembangan Motorik Anak

No comment 1262 views

Perkembangan motorik anak merupakan salah satu kategori pertumbuhan yang perlu diperhatikan dengan serius. Di bawah ini, ada tiga tahap perkembangan yang harus Anda ketahui mulai saat ini.

Umur 0-2 Tahun

Selama tahap ini, perkembangan motorik dapat dinilai melalui keterampilan motorik bervariasi seperti kemampuan anak untuk menjaga kepalanya tegak bila dipegang, kemampuannya untuk mengangkat lengan, berguling, memegang kubus, merangkak , duduk, berdiri, melompatberjalan menaiki tangga dengan sedikit bantuan, dan menarik hal-hal dengan tangannya.

Umur 2-6 Tahun

Selama tahap ini, anak belajar bagaimana untuk membentuk koordinasi antara mata dan tangan. Saat ia sudah belajar cara berjalan, ia mulai dengan kegiatan seperti melompat, berlari, dan berlari. Anak bahkan mulai mendaki dan dapat menangani bola dengan baik.

Umur 6-12 Tahun

Selama tahap ini, anak memiliki kontrol penuh atas koordinasi mata dan tangannya. Semua keterampilan motorik lainnya yang dikembangkan pada tahap sebelumnya, yang menjadi lebih baik dan stabil dalam tahap ini. Misalnya, berjalan menjadi jauh lebih cepat dan melompat menjadi lebih tinggi. Anak juga akan memperoleh keseimbangan dan koordinasi, hampir mirip dengan orang dewasa.

Untuk perkembangan motorik kasar, orang tua dapat mengembangkannya melalui kegiatan seperti menari, melompat, bermain bola, bermain indoor games seperti petak umpet, berenang dan bermain olahraga seperti bisbol atau sepak bola.

Untuk pengembangan keterampilan motorik halus, paculah anak untuk membuat blok bangunan, game komputer, menggambar, menulis di atas kertas, dan membuat bentuk dengan tanah liat. Juga, Anda perlu mendorong anak untuk berpartisipasi dalam tugas rumah tangga, seperti menyiram tanaman, dan membersihkan kamar.

Perkembangan motorik yang tepat sangat penting karena jika seorang anak tidak mengembangkan keterampilan motorik yang tepat, ia tidak akan bisa melakukan fungsi dasar seperti berjalan, makan, berlari, menulis, dll. Jadi, jika setiap orang tua merasa bahwa anaknya memiliki motorik terbelakang maka sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan para ahli kesehatan anak.

Itulah beragam hal yang perlu Anda ketahui mengenai tahap perkembangan motorik anak.

author