3 Tips Atasi Susah Tidur pada Ibu Hamil

No comment 634 views

Masa kehamilan merupakan masa – masa yang sangat rawan untuk seorang ibu. Selain harus bertanggung jawab terhadap kesehatan dirinya sendiri, ibu juga berperang penting untuk urusan kesehatan janin yang dikandungnya. Oleh sebab itu tentu seorang ibu hamil harus berhati – hati dan memperhatikan betul setiap hal yang berkenaan dengan kesehatannya.

Ada beberapa hala yang tentu tak boleh diabaikan oleh ibu hamil. Selain harus mencukupi kebutuhan nutrisi yang baik dan seimbang, ibu hamil juga harus mengatur dengan sebaik mungkin pola istirahat atau tidurnya. Bagaimana pun tidur yang berkualitas dengan porsi yang cukup sangat dibutuhkan ibu hamil dalam mengawal kehamilannya.

Namun sayangnya banyak sekali ibu hamil yang mengeluhkan masalah susah tidur. Hal ini memang umum terjadi dan biasanya dipicu karena adanya rasa cemas atau was – was terhadap kandungannya. Selain itu fluktuasi hormone yang terjadi selama masa kehamilan juga memegangandil besar dalam masalah ini.

ibu tidur

Apapun penyebabnya, tentu masalah susah tidur pada ibu hamil ini tak boleh dianggap[ remeh dan dibiarkan terus terjadi. Pasalnya baik secra langsung atau tidak porsi istirahat yang kurang dapat mengganggu kesehatan dan proses pertumbuhan janin dalam kandungan. Untuk itu masalah ini harus segera ditemulan solusinya.

Tips mengatasi susah tidur selama masa kehamilan

  • Perhatikan posisi tidur. Posisi tidur merupakan salah satu hal penting dalam masalah tidur ibu hamil, karena dapat mempengaruhi kenyamanan. Untuk ibu hamil disarankan untuk mengambil posisi miring kekiri atau kekanan dan tidak dianjurkan untuk tidur dalam posisi tengkurap.
  • Perbanyak minum air putih. Minum air putih secara cukup minimal 8 gelas perhari dapat membantu melancarkan sistem – sistem dalam tubuh ibu hamil. Dengan demikian secara tidak langsung akan dapat membantu mengatasi masalah susah tidur ibu hamil.
  • Olahraga teratur. Dengan berolahraga secara teratur ternyata dapat membantu melancarkan aliran darah dalam tubuh sehingga dapat membuat tubuh merasa lebih rileks. Perasaan rileks inilah yang dapat mengurangi rasa stress dan cemas selama masa kehamilan yang notabene merupakan salah satu penyebab ibu hamil susah tidur. Jenis olahraga yang tepat untuk ibu hamil antara lain adalah jalan – jalan, berenang, dan yoga.
author