4 Aspek Penting dalam Perawatan Kesehatan pada Bayi

Perawatan kesehatan pada bayi sudah seharusnya diperhatikan dengan sangat baik. Ketika anda ingin mempunyai bayi yang sehat, maka sudah seharusnya anda lebih teliti dan cermat dalam melakukan perawatan kesehatan. Menurut kami, ada tiga aspek penting yang harus dilakukan untuk mendapatkan kesehatan bayi yang optimal dari semua sisi. Berikut hal-hal penting tersebut.

Makanan yang bernutrisi

Untuk mendapatkan bayi yang sehat, maka makanan yang ada haruslah mempunyai nutrisi cukup. Pertama, tentu saja ASI menjadi komponen utama yang harus diberikan selama periode waktu dua tahun. Melalui ASI, maka bayi akan mendapatkan fondasi tumbuh kembang yang baik di dalam kehidupannya di masa kini serta masa mendatang. Kemudian, makanan-makanan yang diberikan terlepas dari ASI juga harus dicermati. Berikan protein, karbohidrat, mineral, vitamin, dan kalsium penting dalam bentuk bubur bayi agar pertumbuhannya optimal.

Rangsangan fisik bayi

Untuk mendapatkan pertumbuhan yang baik, bayi juga harus dirangsang fisiknya. Salah satu rangsangan fisik yang mempunyai manfaat terbaik bagi tumbuh kembang bayi adalah sentuhan. Melalui sentuhan, bayi anda akan mendapatkan rasa kasih sayang yang mengoptimalkan perkembangan tubuhnya, kecerdasan otak, hingga rasa percaya diri yang ia miliki. Sentuhan merupakan rangsangan fisik yang sangat bermanfaat dalam hal psikis dan fisik itu sendiri.

Kebersihan bayi dan lingkungannya

Seorang bayi harus mendapatkan perawatan yang menyeluruh termasuk kebersihan. Ada banyak bayi yang terkena penyakit menular karena ia tidak mendapatkan perawatan kebersihan secara disiplin dari orang tuanya. Hal ini tentu sangat disayangkan, karena kebersihan merupakan salah satu bentuk perawatan yang tidak terlalu sulit dilakukan namun memang harus disiplin setiap saat.

Respon terhadap perilaku bayi

Berikan respon yang positif terhadap perilaku bayi anda apapun itu. Misalkan, bayi sedang berusaha mengucapkan suatu kata, maka berikanlah respon dan pacu ia untuk mengucapkan serta mengembangkan kata-kata tersebut. Melalui cara tersebut, bayi mampu menemukan kebahagiaan dan kecerdasan optimal di dalam tumbuh kembangnya.

Itulah 4 aspek penting dalam perawatan kesehatan pada bayi yang bisa anda coba.

author