4 Bahaya Pemakaian Ponsel pada Anak

No comment 514 views

Era komunikasi global ini seolah memaksa seluruh warga dunia. Banyak gadged-gadged dengan model yang selalu diperbarui terus beredar yang semakin lama kian canggih. Perkembangan ini terlihat sangat jelas pada ponsel. Ponsel dahulunya hanya dapat digunakan untuk bertelevon dan berkirim pesan, namun kini sudah ada smart phone yang multi fungsi. Game, kamus, peta, gps, sosmed, semuanya dapat diakses dari sebuah smart phone. Perkembangan yang pesat ini tentu juga dibarengi oleh berbagai dampak negatif gadged.

gadget

Aplikasi-aplikasi yang disediakan dalam smart phone ternyata juga mampu menarik perhatian anak-anak. Game merupakan hal yang paling mereka sukai. Hal ini sangat wajar, karena masa kanak-kanak adalah masa mereka untuk bermain. Akan tetapi, menuruti anak untuk memberinya ponsel tidak selalu baik. Mengapa membelikan anak-anak ponsel menjadi tidak baik?

  1. Radiasi Ponsel

Radiasi ini berbahaya bagi kesehatan anak dalam jangka panjang. Bahkan dapat menyebabkan kanker.

  1. Kurang bersosialisasi

Anak dapat memainkan game dengan sendirinya atau tanpa teman. Bermain game juga membuat anak betah sehingga mengurangi waktunya untuk bersosialisasi dengan orang sekitar.

  1. kurang baik untuk fisik

Bermain game tidak memerlukan gerakan seperti aneka permainan tradisional yang menyehatkan.

  1. Kurang Belajar

Kecanduan game membuat anak malas belajar.

 

Itu tadi beberapa alasan ponsel dan aplikasinya berbahaya bagi fisik maupun psikologis anak. Membelikan ponsel anak memang tidak dilarang, selama ponsel itu benar-benar bermanfaat dan tidak menyebabkan anak kehilangan waktu berkualitasnya.

 

author