4 Hal Sederhana Menghindarkan Anak dari Penyakit Panu

Panu sebenarnya sudah cukup jarang terdengar pada masyarakat modern seperti saat ini. Namun bukan berarti penyakit ini telah sepenuhnya hilang. Penyakit panu bisa menyerang kapan saja dan pada siapa saja, termasuk juga anak – anak. Selain menyebabkan anak tidak percaya diri atau minder ketika bersama teman – temannya, rasa gatal yang disebabkan panu tentunya juga membuat anak merasa tidak nyaman.

Penyakit yang disebabkan oleh jamur Pityrosporum ovale ini sangat mudah menular, terutama melalui kontak fisik langsung, selain itu panu juga dapat ditularkan melalui penggunaan pakaian dan peralatan mandi bersama, seperti sabun batang dan handuk.

Penyakit panu memang tidak akan sampai membahayakan nyawa seseorang, namun bukan berarti anda boleh menyepelekannya apa lagi mengbaikannya. Lakukan upaya pencegahan penularan penyakit panu pada anak dan keluarga anda sedini mungkin sebelum terlambat. Ingatlah! Bagaimana pun mencegah lebih baik dari pada mengobati.

panu

Nah dalam rangka menjauhkan anak dan keluarga dari penyakit panu, ada beberapa hal sederhana yang dapat anda lakukan. Berikut beberapa diantaranya:

4 trick menjauhkan anak dari penyakit panu

  1. Biasakan si kecil mandi secara rutin minimal 2 kali sehari. Pastikan pula setiap kali mandi ia telah benar – benar membersihkan dirinya dengan tuntas dan maksimal.
  2. Ganti pakaian anak setiap kali selesei mandi dengan pakaian yang bersih. Pakaian anak yang selalu bersih tentu akan menurunkan potensi berbagai penyakit kulit yang disebabkan oleh bakteri dan jamur.
  3. Pilih bahan pakaian untuk anak yang mudah menyerap keringat. Hal ini tujuannya untuk membuat tubuh anak selalu kering. Pasalnya tubuh yang basah akibat kringat berpotensi memudahkan pertumbuhan berbagai bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan penyakit kulit.
  4. Ajarkan anak untuk selalu menggunakan barang pribadi. Hal ini sangat penting diajarkan untuk mencegah penyakit panu. Karena penyakit ini dapat dengan mudah ditularkan melalui barang yang digunakan bersama dengan penderita panu.
author