4 Hal Yang Dibutuhkan Anak Juara

No comment 654 views

Orang tua siapa yang tidak bangga jika anaknya menjadi sang juara. Namun pada dasarnya setiap anak bisa menjadi juara dengan cara dan bakatnya masing-masing.

“Untuk membuat anak menjadi juara bukan hanya berdasarkan kemampuan si anak itu sendiri, tapi juga butuh banyak hal dan juga dukungan dari orang tua-nya,” ungkap psikolog Mira D. Amir, Psi dalam acara Biskuat beberapa waktu lalu di Jakarta.

Diungkapkan Mira, bahwa untuk membangun mentalitas dan menjadi seorang juara harus melalui “jalan juara”, yaitu:

1. Kesiapan anak.
Salah satu cara untuk membuat anak menjadi juara adalah dengan membiarkan anak berkreasi sesuai dengan bakat dan minat mereka. Dengan mengetahui bakat dan minat anak dalam suatu bidang akan membantu anak untuk bisa mempersiapkan mental juara mereka.

“Melakukan sesuatu dengan keterpaksaan akan membuat pekerjaan yang dilakukan jadi tidak maksimal. Jika mereka melakukan hal yang diinginkan dan disukai maka mereka akan berusaha untuk mempersiapkan segalanya dengan lebih baik,” ungkapnya.

2. Kesempatan.
Peran orang tua sangat dibutuhkan dalam hal ini. Dengan memberikan anak-anak kesempatan untuk berpartisipasi dalam berbagai hal sesuai bidang yang mereka inginkan, maka akan berpeluang membuat anak bisa berprestasi.

Beri kesempatan yang luas pada anak, karena dengan adanya kesempatan ini mereka bisa mengembangkan kemampuan dan bakat mereka menjadi sebuah prestasi yang membanggakan Anda dan dirinya sendiri.

3. Pembinaan,
Pembinaan akan membantu mengasah bakat dan kemampuan anak sesuai dengan bidang yang sukainya. “Pembinaan ini digolongkan jadi dua bagian yaitu, pembinaan instan dan pembinaan tahunan,” tukasnya.

Pembinaan instan ini merupakan pembinaan yang dilakukan dalam jangka pendek, dan biasanya dilakukan dengan fasilitas seadanya. Selain itu, pembinaan instan ini biasanya memiliki target hanya untuk menjadi populer. Sedangkan untuk pembinaan tahunan biasanya tidak ditargetkan hanya untuk menjadi populer, namun menjadi pembinaan ini bertujuan untuk menjadi sebuah prestasi. Selain itu pembinaan tahunan ini merupakan pembinaan jangka panjang yang dilakukan dengan fasilitas yang lengkap.

4. Dukungan orang tua.
Dukungan orang tua merupakan hal yang paling penting untuk membuat anak berprestasi. Selain dukungan dalam hal materi, dukungan berupa support dan semangat juga diperlukan anak dari orang tuanya.

“Berusahalah untuk mendukung bakat dan keinginan anak untuk bisa berprestasi. Dengan adanya dukungan orang tua akan membuat anak lebih percaya diri dan semangat untuk bisa berprestasi,” pungkasnya.

*********

Sumber: kompas.com

author