4 Jenis Makanan Terlarang Untuk Ibu Hamil

No comment 511 views

Masa kehamilan merupakan masa membahagiakan bagi sebuah keluarga, karena mereka tengah menantikan kehadiran seorang buah hati yang akan melengkapi keluarga tersebut. Namun disamping kebahagiaan ini, rasa was – was dan kekawatiran tentu menyelimuti hati seorang ibu, pasalnya masa kehamilan merupakan masa – masa yang sangat rawan. Oleh sebab itu seorang ibu harus lebih berhati – hati dalam beraktivitas sehari – harinya.

Ada banyak hal yang harus benar – benar diperhatiakan ibu hamil agar kandungananya selalu sehat dan pertumbuhan janinnya normal, salah satunya adalah pola makan. Berbicara mengenai pola makan ibu hamil, selain membahas mengenai makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi tentu juga membahas mengenai makanan pantangan atau larangan. Lantas apa saja jenis makanan yang dilarang dikonsumsi ibu hamil? Simak ulasan berikut ini.

rokok

4 makanan pantangan untuk ibu hamil

  • Makanan mentah atau setengah matang

Makanan yang mentah atau tidak 100% matang berpotensi terkontaminasi berbagai kuman, bakteri, virus, dan jamur yang sangat berbahaya untuk kesehatan ibu dan janin. Misalnya saja bakteri listeria yang dapat menyebabkan keguguran atau kematian janin dalam kandungan dan toksoplasma yang dapat memicu pertumbuhan abnormal pada janin.

  • Kafein

Kafein yang umumnya banyak terkandung dalam berbagai produk kopi ini sangat tidak baik untuk kesehatan janin dalam kandungan. Kafein dapat menembus plasenta dan mempengaruhi detak jantung dan sistem pernafasan janin. Selain itu konsumsi kafein berlebih dapat berpotensi menurunkan berat badan janin dalam kandungan sehingga dapat memicu resiko terjadinya keguguran.

  • Keju dan produk susu yang belum dipasteurasi

Pasteurasi yaitu proses pemanasan dengan suhu mencapai 600 c selama kurang lebih 30 menit, tujuannya adalah untuk membunuh bakteri dan kuman. Produk olahan susu yang belum mengalami proses ini berpotensi mengandung berbagai bakteri jahat yang membahayakan kandungan seperti listeria, salmonela, e. Coli, dan masih banyak lagi.

  • Rokok dan alkohol

Rokok dan alkohol harus benar – benar dijauhkan dari ibu hamil. Keduanya mengandung zat – zat yang sangat berbahaya untuk tubuh ibu dan janin dalam kandungan sehingga dapat memicu resiko kelahiran bayi tidak normal.

Demikian 4 jenis makanan yang wajib untuk dihindari selama masa kehamilan. Selalu jaga kesehatan diri dan kandungan anda agar janin dapat tumbuh sehat dan terlahir dengan selamat dan sempurna nantiya.

author