4 Kasiat Jambu Biji untuk Kesehatan Anda dan Keluarga

Jambu biji merupakan salah satu buah yang cukup popular di masyaratakat Indonesia, baik di daerah pedesaan maupun kota – kota besar. Buah ini banyak beredar dan dipasarkan hampir di setiap daerah tentunya dengan harga yang relative murah.

Mendengar kata jambu biji, sebagian orang mungkin akan langsung tertuju pada kasiatnya sebagai buah yang dipercaya mampu menghindarkan seseorang dari demam berdarah. Namun dibalik itu, ternyata jambu biji menyimpan berbagai manfaat lain untuk kesehatan. Apa saja kasiatnya? Simak ulasan berikut ini.

4 kasian jambu biji untuk kesehatan

# mencegah kanker

Jambu biji ternyata kaya akan Likopen, yakni sebuah zat antioksidan yang dapat melawan kanker. Hebatnya lagi likopen yang terdapat dalam buah ini lebih mudah diserap oleh tubuh dibanding dengan yang terdapat dalam beberapa buah lainnya. Pengkonsumsian likopen yang terdapat dalam jambu biji secara cukup dipercaya dapat menurunkan resiko kanker prostat.

# menurunkan resiko hipertensi

Jambu biji juga kaya akan kandungan serat yang sangat baik untuk menurunkan kadar kolestrol dan menurunkan tekanan darah. Dengan demikian jika rutin dikonsumsi dengan jumlah yang cukup jambu biji akan berkasiat menghindarkan Anda dari masalah hipertensi. Perlu Anda ketahui hipertensi merupakan penyebab utama seseorang terserang penyakit jantung.

# mengobati diare

Buah jambu biji memiliki kandungan antibakteri yang cukup ampuh dalam mencegah pertumbuhan bakteri jahat dalam perut saat diare menyerang. Selain itu buah ini juga kaya akan keretinoid, potassium, dan vitamin, dimana ketikaga juga berperan dalam membasmi bakteri jahat dalam tubuh.

# merawat gusi

Mengapa jambu biji berkasiat untuk merawat gusi? Hal ini disebabkan oleh adanya zat astringen yang mampu menyusutkan jaringan tubuh tertentu, termasuk gusi. Zat inilah uyang menyebabkan gusi terasa lebih keras dan segar setelah Anda mengunyah buah ini.

author