4 Kiat Cerdas Memilih Bahan Makanan yang Sehat untuk Anak

Makanan merupakan salah satu faktor terpenting dalam mendukung proses tumbuh kembang anak. Nemu makanan yang dihidangkan kepada anak tentulah harus merupakan menu makanan yang sehat dan bergizi, terbebas dari kontaminasi virus dan bakteri jahat serta dapat mencukupi kebutuhan nutrisi dalam tubuhnya. Untuk ibu anda harus pandai – pandai dalam memilih dan memilah jenis makanan untuk si kecil.

bahan makanan

Tips memilih makanan sehat untuk anak

Pertama, dalam memilih beras sebagai menu makanan utama, usahakan untuk memilih beras yang masih memiliki sedikit kulit ari. Hal ini karena pada kulit ari beras terkandung banyak serat dan vitamin b yang sangat baik untuk anak. Selain itu pilihlah beras yang tidak berbau apek dan tidak berkutu.

Kedua dalam memilih sayur dan buah sebagai menu pendamping nasi, biasakan untuk memilih sayur dan buah dengan warna yang cerah dengan kondisi yang masih fresh. Buah dan sayur yang masih dalam keadaan segar tingkat kandungan jauh berbeda dengan kondidi yang sudah layu.

Ketiga untuk masalah ikan, pilihlah yang masih segar dengan insang yang berwarna merah. Selain itu ikan yang baik ketika disentuh dengan ujung jari akan terasa kenyal serta tidak meninggalkan bekas sentuhan.

Keempat jika anda ingin menyajikan menu daging baik ayam maupun sapi, usahakan untuk memilih daging yang masih segar dan tidak berair. Pilihlah daging yang berwarna merah cerah untuk sapi, sedangkan untuk daging ayam pilihlah yang kulitnya masih segar dan mengkilat karena pada ayam, hindari membeli daging dengan warna yang tidak natural. Perhatika pula teksturnya, daging yang baik jika dipegag akan terasa kenyal, tidak lembek dan tidak lengket.

author