4 Langkah Tepat Jauhkan Anak dari Kanker Paru – Paru

Kanker paru – paru adalah satu dari berbagai jenis penyakit yang mematikan di dunia. Gangguan kesehatan yang menyerang pada pusat sistem pernafasan ini dapat menyerang siapa saja, tak terkecuali anak – anak. Bahkan pada anak – anak penyakit ini memiliki potensi yang lebih besar dari pada orang dewasa. Hal ini dikarenakan sistem kekebalan tubuhnya yang masih sangat lemah sehingga perlindungan terhadap berbagai organ dalam tubuhnya juga belum optimal.

Namun meskipun demikian anda tak perlu terlalu kawatir dengan bayang – banyang kanker paru – paru ini. Anda cukup menerapkan pola hidup sehat dalam keluarga anda dan dengan sendirinya resiko penyakit ini menyerang anak anda akan menurun.

Tips menjauhkan si kecil dari kanker paru – paru yang mematikan

kanker paru

  • Jauhi kebiasaan merokok pada keluarga anda

Sebagaimana telah disebutkan oleh banyak ahli kesehatan, merokok tak hanya berbahaya bagi perokok namun juga orang – orang disekitarnya. Asap rokok baik pada perokok aktif maupun pasif dapat menjadi salah satu pemicu terjadinya kanker paru – paru. Pasalnya asap rokok mengandung ribuan zat kimia dan sebagian diantaranya merupakan zat pemicu kanker.

  • Selalu sajikan menu makanan sehat

Menu makanan sehat tak harus selalu mahal, yang terpenting adalah gizinya lengkap dan seimbang serta kehigenisannya terjamin. Usahakan pula untuk memberikan asupan buah dan sayuran hijau segar kepada si kecil, karena bahan makanan ini mengandung berbagai kandungan yang efektif menurunkan resiko terserang kanker.

  • Lakukan penjadwalan olah raga secara rutin

Olahraga mutlak dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk menurunkan potensi kanker pada anak – anak. Dengan melakukan olah raga secara rutin akan membantu fungsi kerja paru – paru secara maksimal. Hal ini akan berdampak positif pada kesehatan paru – paru anak sehingga dapat menjauhkannya dari resiko penyakit kanker paru – paru.

  • Jamin rumah anda terbebas dari radon

Radon merupakan suatu gas yang sangat berbahaya bagi kesehatan yang ditimbulkan akibat pemecahan radium radioaktif. Gas ini merupakan salah satu pemicu utama terjadinya kanker paru – paru pada ana.

author