4 Makanan dan Minuman Pantangan bagi Anak Penderita Hepatitis

Hepatitis merupakan masalah kesehatan yang berupa peradangan hati yang kerap menyerang anak – anak. Penyakit ini dapat terkategori sebagai penyakit serius anak yang tidak dapat dianggap remeh atau bahkan diabaikan. Untuk itu ketika anak telah menunjukkan gejala hepatitis, segera lakukan langkah penyembuhan agar tidak semakin parah.

Berbicara mengenai upaya penyembuhan anak penderita hepatitis, tentu tidak cukup dengan pengobatan. Pengobatan memang hal utama yang harus dilakukan, namun selain itu ada hal lain yang tidak kalah penting untuk diperhatikan. Salah satunya terkait dengan masalah makanan. Yap layaknya penyakit lainnya, anak penderita hepatitis memang memiliki beberapa jenis makanan pantangan yang hendaknya dijauhi. Apa saja jenis makanan yang dimaksud? Berikut 4 jenis makanan dan minuman pantangan bagi anak penderita hepatitis:

pantangan hepatitis

  1. Makanan berlemak tinggi, seperti eskrim, mentega, keju, gorengan, makanan santan, daging kambing, dan jerohan.
  2. Makanan dalam kemasan dan junk food, seperti cornet dan burger.
  3. Makanan pemicu gas di perut, seperti ubi – ubian, lobak, kool, sawi, mentimun, durian, dan nangka.
  4. Minuman beralkohol dan bersoda, baik dalam kadar tinggi maupun rendah.

Beberapa makanan di atas berpotensi untuk memperburuk keadaan atau peradangan yang terjadi pada hati anak. Oleh sebab itu dengan benar – benar menjauhkannya dari anak tentu akan dapat membantu mempercepat proses penyembuhannya. Ingatlah bahwa makanan bisa menjadi sumber kebaikan dan kesehatan bagi keluarga Anda, namun disisi lain juga berpotensi menimbulkan masalah kesehatan, tinggal bagaimana Anda mengaturnya.

author