4 Manfaat Hebat Olahraga bagi Ibu Hamil

No comment 1002 views

Wanita atau ibu yang tengah mengandung tentu harus benar – benar memperhatikan kesehatan dan kondisi tubuhnya. Dalam melakukannya ada banyak hal yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah olahraga. Namun tentunya tak sebarang olah raga dapat dilakukan oleh ibu hamil, hanya olahraga ringan yang di anjurkan untuk dilakukan seperti berenang, yoga, senanm, dan jalan santai. Jenis olahraga yang terlalau berat ditakutkan justru akan membahayakan kesehatan janin dalam kandungan.

Olahraga memang sangat dianjurkan bagi ibu hamil guna membantu tubuh tetap segar dan bugar selama masa kehamilan sekaligus mempersiapkan masa melahirkan kelak. Nah untuk lebih jelas mengenai apa saja manfaat olah raga untuk ibu hamil berikut kami berikan ulasannya.

yoga

Manfaat olahraga untuk ibu hamil

  1. Mengurangi beberapa gejala kehamilan seperti kaki bengkak. Olah raga ringan seperti berjalan santai dipagi hari ternyata dapat melancarkan aliran darah di seluruh tubuh, termasuk pada daerah kaki. Oleh karena aliran darah menjadi lancer makan pembengkakan pada daerah kaki yang biasa dialami oleh ibu hamil dapat diredakan.
  2. Mengurangi tingkat stress selama masa kehamilan. Olahraga selain dapat menyegarkan tubuh ternyata juga dapat menyegarkan pikiran. Olahraga seperti yoga dan senam ibu hamil ternyata mampu merilekskan saraf – saraf yang tegang serta melancarkan aliran darah dari dank e otak. Hasilnya ibu hamil akan lebih fresh baik secara fisik maupun pikiran dan terhindar dari stress berat.
  3. Membuat tidur lebih nyenyak. Hal ini erat kaitannya dengan manfaat nomor dua, karena salah satu penyebab ibu hamil susah tidur adalah stress dan perasaan cemas. Maka dengan melakukan olah raga secara rutin dapat membuat perasaan Anda rileks sehingga lebih mudah tidur. Selain itu olahraga juga akan menyebabkan Anda sedikit mengeluarkan tenaga sehingga akan merasa sedikit capek. Hal ini tentu akan menambah kepulasan Anda ketika tidur.
  4. Menjaga bentuk tubuh agar tetap ideal. Ibu hamil umumnya akan mengalami peningkatan berat badan yang sangat pesat akibat janin dalam kandungannya. Namun pertambahan berat badan ibu hamil tentu tak hanya disebabkan oleh itu saja, ada penyebab lain seperti produksi hormone yang meningkat ketika kehamilan. Nah denga melakukan olahraga secara rutin dapat membantu ibu hamil mengontrol laju penambahan berat badannya, sehingga akan tetap ,e,iliki tubuh yang bagus meskipun tengah hamil.
author