4 Manfaat Membedong Bayi Baru Lahir

No comment 461 views

Menurut orang Jawa membedong bayi dilakukan agar kakinya lurus, dan ketika dewasa dapat berdiri tegak. Namun pandangan ini tidak selamanya benar. Ketika bayi lahir biasanya kakinya memang nampak sedikit menekuk kedalam, hal ini wajar karena efek meringkuk selama 9 bulan dalam kandungan. Akan tetapi sebenarnya tanpa dibedong pun kaki bayi akan bisa lurus dengan sendirinya seiring dengan pertumbuhannya.

Lantas apa sebenarnya manfaat membedong bayi? Secara umum membedong bayi memang memiliki banyak manfaat, diantaranya sebagai berikut.

bedong

4 manfaat membedong bayi

  • Mengatasi reflek kejut yang biasa dialami bayi baru lahir. Reflek kejut seringkali mengganggu tidur lelap bayi, namun dengan dibedong refleks ini akan bisa diminimalkan. Bedong akan membantu si mungil tetap dalam posisi ideal ia tidur sehingga akan tetap lelap.
  • Memberikan rasa hangat yang nyaman. Bedong yang Anda kenakan pada bayi dapat membuatnya merasa hangat dan merasa seakan dalam pelukan Anda. Dengan demikian bayi akan merasa nyaman dan akan tetap tenang.
  • Memudahkan ibu menyusui bayinya. Pada awal kelahiran antara ibu dan bayinya tentu akan sama – sama menentukan posisi yang tepat untuk menyusui. Nah dengan bedong ini bayi tidak akan banyak bergerak sehingga ibu dapat lebih mudah menentukan posisi yang pas untuk menyusui.
  • Mengurangi resiko SIDS (sudden infant Death Syndrome). Dengan dibedong bayi akan selalu berada dalam posisi dan keadaan yang tepat saat tidur yaitu terlentang. Dengan demikian akan meminimalkan posisi – posisi tidur bayi yang membahayakan.
author