4 Penyebab Alergi pada Anak Yang Harus Diwaspadai

Alergi pada anak bisa saja terjadi dan saat ini sedang ada pada anak Anda. Mungkin saja, salah satu penyebab alergi pada anak adalah daya tahan tubuh yang melemah. Ini telah dibuktikan dalam banyak penelitian bahwa seorang anak dapat terserang alergi ketika kondisi tubuhnya tidak lagi prima. Ada banyak penyebab alergi pada anak, dan secara garis besar dibagi ke dalam dua hal yaitu alergi yang tidak mampu dikendalikan, serta alergi yang mampu dikendalikan. Di bawah ini, kami memberikan informasinya kepada Anda.

Riwayat keluarga

Jika Anda memilki alergi, maka mungkin saja alergi tersebut bisa menurun ke anak Anda. kecenderungan alergi yang pertama memang banyak disebabkan oleh riwayat orang tua. Sebagai contoh, apabila Anda mengalami alergi terhadap debu di waktu-waktu tertentu, maka bisa jadi anak Anda akan mendapatkan alergi yang sama. Bahkan, ketika orang tua mengalami alergi, maka risiko yang akan terjadi pada anak bisa mencapai 75 persen.

Usia anak

Ada kecenderungan, ketika usia seorang anak bertambah maka ia bisa mendapatkan alergi atau reaksi terhadap alergi tertentu bisa terdorong lebih tinggi.

Sistem Imun

Telah disebutkan sebelumnya, bahwa sistem imun menjadi salah satu penyebab alergi pada anak. Dengan sistem kekebalan tubuh yang mengalami penurunan, maka anak akan mendapatkan risiko peningkatan alergi yang lebih dari biasanya. Karena, radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh tidak akan terhadang oleh sistem imun yang ada. Jenis sistem imun yang erat kaitannya dengan reaksi alergi adalah imunoglobin E atau IgE. Ini merupakan antibody yang unik dan mampu mencegah zat allergen.

Lingkungan

Secara umum, lingkungan yang ada di sekitar kita bisa jadi menjadi penyebab alergi pada anak. Anda amat disarankan untuk memperhatikan dan menjauhkan beragam ancaman kesehatan yang berawal dari lingkungan. Mungkin, dengan membersihkan rumah setiap hari kemudian mengajak anak untuk hidup bersih bisa menjadi solusi yang bagus dalam rangka menciptakan kehidupan yang sehat dan membuat anak bebas dari alergi. Itulah 4 penyebab alergi pada anak.

author