4 Pola Emosional Bayi yang Wajib Anda Pahami

No comment 585 views

Bayi juga memiliki pola emosional yang hampir sama dengan orang dewasa. Hanya saja kemampuan untuk mengkomunikasikan dan mengekspresikannya sedikit berbeda. Untuk itu sangat penting bagi Anda seorang ibu memahami pola emosional yang dimiliki bayi.

Secara umum pola emosional bayi meliputi rasa kemarahan, ketakutan, kegembiraan, dan afeksi. Lantas apa saja yang perlu Anda ketahui dan pahami terkait pola emosional bayi ini? Berikut panduan yang semoga bisa membantu Anda.

bayi marah

4 pola emosional bayi

Kemarahan. Bayi biasanya akan mengekspresikan perasaan marahnya dengan menangis, berteriak, meronta – ronta, menendang, dan sebagainya yang sejenis. Perasaan marah pada bayi biasanya dipicu karena adanya sesuatu yang tidak ia kehendaki terjadi padanya. Misalnya ketika ia sedang menginginkan sesuatu namun Anda tidak memberikan apa yang ia inginkan seperti ketika ia sedang merasa lapar namun Anda tidak segera menyusuinya.

Ketakutan. Rasa takut yang dialami bayi biasanya akan dimanifestasikan dalam bentuk merengek, menangis, menahan nafas, dan murung. Bayi akan merasakan ketakutan mana kala ia menjumpai sesuatu yang asing dalam hidupnya, suara yang terlalu keras, suasana yang gelap dan sepi, dan sesuatu yang mengagetkan.

Kegembiraan. Rasa senang atau gembira bayi ditunjukkan dalam bentuk senyuman, tertawa, serta sikap menggerak – gerakkan kedua tangan dan kakinya. Rasa gembira pada bayi akan muncul mana kala Anda mengejaknya bercAnda, berbicara, dan memperlihatkannya sesuatu yang ia sukai.

Afeksi. Afeksi merupakan rasa sayang terhadap orang dan benda disekitarnya yang idasanya ditunjukkan dalam bentuk mencium, memeluk, dan memegang erat. Afeksi pada diri bayi akan tumbuh pada orang – orang yang biasa berada disekitarnya dan merawatnya setiap hari. Selain itu bayi juga akan menunjukkan rasa cinta pada benda – benda atau mainan yang ia sukai.

author