4 Tips Aman Berenang saat Hamil

No comment 750 views

Berenang merupakan salah satu jenis olah raga yang sangat cocok untuk ibu hamil. selain dapat dilakukan dengan santai berenang juga memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan ibu yang tengah mengandung. Manfaat renang untuk ibu hamil antara lain dapat memperlancar sirkulasi darah, meningkatkan funsi hati dan paru – paru, meningkatkan kebugaran dan daya tahan tubuh selama kehamilan, melenturkan tubuh, serta menghilangkan stress.

Namun berenang ketika hamil tentu tidak boleh dilakukan secara sebarangan. Ada kiat – kiat kusus agar kegiatan berenang saat hamil menjadi aman dan menyenangkan. Apa saja kiat yang dapat Anda lakukan? Berikut kami sampaikan beberapa diantaranya.

berenang

Tips berenang aman bagi ibu hamil

  1. Pastikan Anda minun cukup air putih sebelum, selama, dan sesudah berenang. Khusus pada saat berenang usahakan untuk minum air putih setiap 15 – 20 menit sekali. Tujuannya jelas agar Anda terhindar dari dehidrasi saat berenang yang dapat membahayakan kandungan Anda.
  2. Berenaglah hanya ketika tubuh Anda sedang fit. Artinya ketika Anda sedang tidak dalam keadaan sakit. Pasalnya bagi ibu hamil yang tengah sakit, misalnya demam atau flu dikawatirkan dapat memperparah kesehatannya.
  3. Pakailah baju renang yang nyaman dan sesuaikan dengan kondisi perut Anda. usahakan untuk memilih baju renang yang ukurannya tepat dengan tubuh Anda dan usahakan untuk menghindari menggunakan baju renang yang terlalu ketat.
  4. Lakukan gerakan renang yang sesuai dengan kondisi Anda. perlu Anda ketahui tidak semua gaya atau gerakan renang aman untuk ibu hamil. salah satu gerakan atau gaya renang yang cocok untuk ibu hamil adalah gaya dada. Pasalnya gaya ini tidak membutuhkan rotasi tubuh sehingga tidak terlalu banyak memporsir tenaga Anda.
author