4 Tips Jitu Hindarkan Anak dari penyakit campak

No comment 569 views

Penyakit campak merupakan suatu penyakit yang sangat sering menyerang anak usia balita dan usia sekolah dasar. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus dan sangat mudah menular. Penularan penyakit campak dapat terjadi melalui kontak langsung dengan penderita, seperti percikan air liur maupun udara ketika penderita menguap.

Penyakit campak pada anak umumnya ditandai dengan adanya gejala berupa ruam atau bintik – bintik merah pada kulit yang disertai dengan demam, pilek, dan badan lemas. Gejala – gejala yang timbul ini tentu akan membuat sikecil tidak nyaman dan menjadi sering rewel. Selain itu, anak yang mengalami campak biasanya akan mengalami penurunan nafsu makan sehingga dapat menyebabkan tubuhnya menjadi semakin lemas dan tentunya akan sangat berpengaruh pada ketercukupan nutrisi dalam tubuhnya. Bahkan pada beberapa kasus yang parah campak dapat menyebabkan komplikasi kesehatan seperti penurunan jumlah trombosit, infeksi otak, dan infeksi bakteri macam infeksi telinga tengah dan pneumonia.

Mengingat betapa bahayanya penyakit campak pada anak ini, tentu Anda sebagai orang tua haruslah sebisa mungkin menjaga dan menghindarkan si kecil dari penyakit ini. Untuk melakukannya ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan.

cmpak

4 tips menghindarkan anak dari penyakit campak

  1. Vaksinasi anti campak. Vaksinasi ini biasanya dilakukan ketika anak berusia dibawah 1 tahun, dengan menyuntikkan bibit virus campak yang telah dilemahkan ke dalam tubuh anak. Hal ini dapat memeicu pembentukan antibody dalam tubuh yang dapat mengenali dan melawan virus penyebab campak dikemudian hari.
  2. Jauhkan anak dari penderita campak.hal ini tentu bukan bermaksud mengucilkan penderita campak, namun demi keamanan si buah hati tentu hal seperti ini perlu Anda lakukan. Selain itu, hindarkan pemakaian barang atau alat bersamaan dengan penderita campak. Selain melalui udara penyakit campak juga berpotensi menular melalui barang yang terkontaminasi virus campak seperti handuk, peralatan mandi, dan peralatan makan.
  3. Ciptakan suasana yang sehat dalam rumah. Kondisi rumah yang bersih dengan sirkulasi dan sanitasi udara yang baik tentu dapat menghindarkan si kecil dari berbagai penyakit termasuk campak.
  4. Cukupi kebutuhan gizi si kecil. Sebagaimana banyak penyakit akibat virus lainnya, campak akan sangat mudah menyerang pada anak dengan kondisi imun tubuh yang rendah. Nah pada umumnya tingkat imunitas pada anak ini sangat dipengaruhi oleh asupan gizi dalam tubuhnya. Untuk itu memperhatikan ketercukupan gizi anak akan sangat membantu Anda dalam menghindarkan si kecil dari bahaya campak.
author